Pembelajaran problem solving untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah gerak harmonis sederhana / Beatrix Likumahwa

Likumahwa, Beatrix (2019) Pembelajaran problem solving untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah gerak harmonis sederhana / Beatrix Likumahwa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Beatrix, Likumahwa. 2019. Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Gerak Harmonis Sederhana. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sutopo, M.Si., (2) Dr. Eny Latifah, S.Si., M.Si Kata Kunci : Pembelajaran Problem Solving, Penguasaan Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah, Gerak Harmonis Sederhana. Penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah merupakan aspek penting dalam pembelajaran fisika. Siswa perlu memahami konsep mendalam dan benar saat memecahkan masalah. Pembelajaran problem solving, membimbing siswa untuk mengidentifikasi prinsip yang tepat , menjustifikasi prinsip tersebut, dan merencanakan prosedur saat memecahkan masalah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efek pembelajaran problem solving terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa serta untuk mengetahui kesulitan yang masih dialami siswa setelah implementasi pembelajaran problem solving. Penelitian ini menggunakan metode Embedded Research Design. Adapun subjek penelitian sebanyak 35 siswa Kelas X SMA Negeri 8 Malang. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, LKS, sedangkan instrument pengukuran yang digunakan adalah 6 soal pilihan ganda untuk mengukur penguasaan konsep dan 2 soal uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa, serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data menggunakan uji berpasangan (paired t-test) untuk mengetahui perbedaan skor siswa sebelum dan setelah pembelajaran, menghitung nilai gain untuk mengetahui peningkatan skor siswa, dan menghitung d-effect size untuk mengetahui seberapa besar efek pembelajaran terhadap kenaikan skor siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan penguasaan konsep siswa sebelum dan setelah implementasi pembelajaran problem solving dengan nilai signifikansi uji t sebesar 0,00 < 0,05 dengan nilai gain sebesar 0,60 pada kategori sedang serta nilai d-effect size sebesar 1,13 pada kategori kuat. Demikian pula kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran problem solving. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi uji wilcoxon sebesar 0,00 < 0,05 dengan nilai gain sebesar 0,605 yang termasuk kategori sedang serta nilai d-effect size sebesar 5,57 berada pada kategori kuat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59953

Actions (login required)

View Item View Item