Analisis penguasaan konsep dan keterampilan menyelesaikan masalah siswa yang belajar dengan model pembelajaran kolaboratif inkuiri disertai balikan formatif pada materi medan magnet di SMA Islam NU Pujon / Ninik Munfarikha

Munfarikha, Ninik (2019) Analisis penguasaan konsep dan keterampilan menyelesaikan masalah siswa yang belajar dengan model pembelajaran kolaboratif inkuiri disertai balikan formatif pada materi medan magnet di SMA Islam NU Pujon / Ninik Munfarikha. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Munfarikha, Ninik. 2018. Analisis Penguasaan Konsep dan Keterampilan Menyelesaikan Siswa yanng Belajar dengan Model Pembelajaran Kolaboratif Inkuiri disertai Balikan Formatif pada Materi Medan Magnet. Tesis Jurusan Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sentot Kusairi, M.Si., (II) Dr. Siti Zulaikah, M.Si. Kata Kunci: Penguasaan Konsep, Keterampilan Menyelesaikan Masalah, Kolaboratif Inkuiri, Balikan Formatif Pembelajaran Abad 21 harus menciptakan masyarakat kreatif dan solutif. Sehingga, masyarakat dituntut untuk memiliki keterampilan abad 21 diantaranya, penguasaan konsep, keterampilan menyelesaikan masalah, dan berkolaborasi. Beberapa hal tersebut merupakan bekal yang harus dimiliki siswa didunia kerja. Kurikulum 2013 menuntut semua mata pelajaran mampu memfasilitasi siswa memiliki kompetensi tersebut, salah satunya adalah pelajaran fisika. Konsep-konsep fisika akan membantu siswa menemukan solusi akan masalah fisis yang ada disekitar mereka. Akan tetapi, fisika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa karena dianggap penuh simbol matematis khususnya pada materi medan magnet. Pembelajaran berbasis penyelidikan secara berkelompok disertai balikan formatif selama pembelajaran merupakan solusi yang tepat untuk memperbaiki konsep dan keterampilan siswa dalam menyelesaikan masalah nyata serta membiasakan siswa untuk bekerja secara berkelompok untuk itu, perlu dilakukan analisis penguasaan konsep dan keterampilan siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi medan magnet. Penelitian mixed method ini menggunakan follow-up explanation model. Data kuantitatif berupa nilai kognitif pre-test yang diambil sebelum pembelajaran dan post-test yang diambil setelah pembelajaran. Selanjutnya, data kuantitatif dianalisis menggunakan uji spss. Data kualitiatif berupa hasil wawancara terstruktur setelah post-test. Hasil wawancara tersebut ditampilkan dalam bentuk coding dimana, pengcodingan tersebut digunakan untuk mendukung hasil temuan kuantittatif. Instrumen dalam penelitian ini berupa RPP, silabus, soal penguasaan konsep, soal keterampilan menyelesaikan masalah dan laman e-learning yang dapat diakses secara mandiri diluar jam pembelajaran di smailon.ip-dynamic.com Penguasaan konsep siswa pada saat pre-test sebesar 33 poin dan nilai rata-rata post-test siswa sebesar 54 poin untuk skala 100 poin. Hasil uji wilcoxon didapatkan 0,00<0,05 yang menunjukkan pembelajaran kolaboratif inkuiri meningkatkan penguasaan konsep siswa dengan nilai n-gain sebesar 0,3 dengan kategori sedang dan nilai effect size didapatkan sebesar 1,225 menunjukkan bahwa model pembelajaran kolaboratif inkuiri berpengaruh dalam kategori sedang. Nilai rata-rata keterampilan siswa dalam menyelesaikan masalah saat pre-test sebesar 18 poin dan nilai post-test siswa sebesar 88 poin untuk skala 100 poin. Uji wilcoxon didapatkan sebesar 0,00 vii menunjukkan ada beda nilai kognitif keterampilan menyelesaikan masalah pre-test dan post-test. Nilai effect size sebesar 4,48 kategori kuat dan n-gain sebesar 0,9 termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59952

Actions (login required)

View Item View Item