Yusuf, Thorieq Moh. (2019) Analisis kemampuan pemecahan masalah dan literasi Information and Communication Technologies (ICT) siswa SMA Negeri 1 Purwoharjo melalui pembelajaran discovery berbantuan moodle materi alat optik / Thorieq Moh. Yusuf. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yusuf Thorieq Moh. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Literasi Information and Communication Technologies (ICT) Siswa SMA Negeri 1 Purwoharjo Melalui Pembelajaran Discovery berbantuan Moodle. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wartono M.Pd. (2) Dr. Supriyono Koes Handayanto M.Pd. M.A. Kata Kunci kemampuan pemecahan masalah literasi ICT discovery learning moodle Kemampuan pemecahan masalah dan literasi ICT merupakan kemampuan penting. Upaya untuk meningkatkan keterampilan tersebut adalah dengan pembelajaran discovery karena pembelajaran tersbut merupakan pembelajaran saintifik yang paling dasar sehingga cocok untuk siswa SMA. Kekurangan pada pembelajaran discoveri akan dilengkapi dengan moodle yang dapat membantu siswa dalam menguasai konsep dan mengenalkan siswa pada teknologi informasi dan komunikasi. Tujuan Penelitian ini adalah 1) mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan literasi ICT siswa yang diberi pembelajaran discovery learning berbantuan moodle dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional 2) mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa yang diberi pembelajaran discovery berbantuan moodle dengan siswa yang diberi pembelajaran kovensional 3) mengetahui bagaimana kemampuan literasi ICT siswa yang diberi pembelajaran discovery berbantuan moodle dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan desain mixed methods dengan jenis explanatory. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI MIA 2 dan XI MIA 3 SMA Negeri 1 Purwoharjo tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen pengukuran yang digunaan adalah 5 soal uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah penilaian kinerja untuk mengukur literasi ICT siswa serta wawancara semi terstruktur. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji manova untuk data kuantitaif dan analisis model aliran untuk data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah dan literasi ICT siswa yang diberi pembelajaran discovery berbantuan moodle dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional. Hasil ini terlihat dari nilai signifikansi Wilks Lambda 0 889 F (2 71) 4 441 p 0 015 dengan 951 2 0 11. Kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi alat optik dengan pembelajaran discovery berbantuan moodle lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Tahap-tahap pembelajaran discovery membantu siswa dalam memahami prinsip kerja alat optik. Selain itu pembelajaran dengan menggunakan moodle membuat siswa lebih aktif dan termotivasi dalam pembelajaran forum diskusi dan latihan soal yang disediakan dalam moodle membantu siswa memperdalam pemahaman terhadap materi. Kemampuan literasi ICT siswa pada kelas dengan pembelajaran discovery berbantuan moodle juga lebih baik jika dibandingkan dengan kelas konvensional. Karena dengan pembelajaran menggunakan moodle siswa disediakan lingkungan belajar yang dekat dengan ICT.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Mar 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59951 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |