Penguasaan konsep, model mental dan argumentasi ilmiah siswa SMA pada pembelajaran berbasis masalah materi getaran harmonis / Nonci Erni Sette - Repositori Universitas Negeri Malang

Penguasaan konsep, model mental dan argumentasi ilmiah siswa SMA pada pembelajaran berbasis masalah materi getaran harmonis / Nonci Erni Sette

Sette, Nonci Erni (2019) Penguasaan konsep, model mental dan argumentasi ilmiah siswa SMA pada pembelajaran berbasis masalah materi getaran harmonis / Nonci Erni Sette. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Sette Nonci Erni. 2018. Penguasaan Konsep Model Mental dan Argumentasi Ilmiah Siswa SMA Pada Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Materi Getaran Harmonik sederhana. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Markus Diantoro M.Si dan (II) Dr. Sentot Kusairi M.Si. Kata Kunci pbl penguasaan konsep model mental dan argumentasi ilmiah Penguasaan konsep model mental dan argumentasi ilmiah merupakan faktor yang saling berkaitan yang dapat mempengaruhi kognitif siswa dalam menyelesaikan masalah fisika. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui keefektifan penguasaan konsep model mental dan argumentasi ilmiah setelah dilaksanakan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan embedded experimental model yang dilaksanakan di SMA Negeri 8 Malang kelas XI Mia1 pada bulan April 2018. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen soal pilihan ganda yang mencakup CI-C6 dengan indikator Taksonomi Bloom Soal esay test dengan indikator model mental tipe surface maching dan deep dan indikator argumentasi ilmiah. Data penelitian ini adalah hasil sebelum dan sesudah pembelajaran berbasis masalah. Dalam pengumpulan data penelitian menggunakan rubrik penilaian gambar pedoman wawancara dan lembar observasi. Untuk mengetahui penguasaan konsep dilakukan uji normalitas dan dilanjutkan dengan N-gain dan uji beda. Perubahan model mental dianalisis berdasarkan indikator penilaian SMD dan rubrik argumentasi ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa setelah pembelajaran dengan model PBL mulai dari level Taksonomi Blom C1- C6 yang mengalami peningkatan tiap pertemuan. Namun nilai perkembangannya juga bervariasi seperti halnya dengan model mental siswa setelah pembelajaran dengan model PBL mengalami perkembangan mulai dari level surface sampai pada level deep. Argumentasi ilmiah siswa setelah pembelajaran dengan model PBL mulai dari tiap level berkembang pada setiap pertemuan mengalami nilai perkembangan yang bervariasi. Hal ini disebabkan oleh karena perbedaan kemampuan siswa dalam menghadapi karakteristik materi tiap pertemuan dan perbedaan keterlibatan keaktifan siswa dalam proses penyelidikan. Data N-gain penguasaan konsep siswa mengalami peningkatan sebesar 0 59 (kategori sedang) data N- gain peningkatan model mental siswa sebesar 0 69 (kategori sedang) dan data N-gain Argumentasi siswa adalah 0 69 (kategori sedang). Hal ini membuktikan bahwa model PBL sangat efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep model mental dan argumentasi ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59949

Actions (login required)

View Item View Item