Priyadi, Rian (2019) Peningkatan level model mental dan level kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada materi suhu dan kalor melalui model pembelajaran argument-driven inquiry / Rian Priyadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v ABSTRAK Priyadi Rian. 2018. Peningkatan Level Model Mental dan Level Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa pada Materi Suhu dan Kalor melalui Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Markus Diantoro M.Si (II) Dr. Parno M.Si. Kata kunci model mental kemampuan argumentasi ilmiah argument-driven inquiry suhu dan kalor. Penelitian model mental dan kemampuan argumentasi ilmiah melalui model pembelajaran argument-driven inquiry masih terbatas. Sehingga perlu dilakukan penelitian yang mendalam terkait proses peningkatan model mental dan kemampuan argumentasi ilmiah siswa. Model mental dan kemampuan argumentasi ilmiah yang baik dapat membantu siswa dalam memahami konsep fisika salah satunya pada materi suhu dan kalor. Ketika siswa menyampaikan argumentasinya maka akan terlihat model mental yang dimiliki oleh setiap siswa. Penelitian mixed methods dengan desain embedded experimental ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan level model mental dan peningkatan level kemampuan argumentasi ilmiah siswa. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen yang belajar dengan argument-driven inquiry dan kelas kontrol yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Instrumen tes yang digunakan meliputi tes model mental dengan reliabilitas 1052010 1052016 1052016 1052017 dan tes kemampuan argumentasi ilmiah dengan reliabilitas 1052010 1052017 1052011 1052017 . Data penelitian diperoleh melalui pre-test dan pos-test. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney U test dan cross tabulation. Hasil penelitian menemukan terjadi peningkatan skor post-test model mental dan kemampuan argumentasi ilmiah siswa yang signifikan pada kelas eksperimen yang belajar dengan model pembelajaran argument-driven inquiry. Berdasarkan analisis cross tabulation ditemukan bahwa jumlah siswa pada kelas eksperimen meningkat lebih banyak dari pada kelas kontrol. Perbedaan peningkatan tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran argument-driven inquiry memberikan dampak peningkatan lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional. Berdasarkan analisis kualitatif ditemukan adanya 5 model visualisasi keadaan atom pada proses pemuaian. Selain itu ditemukan juga 5 model visualisasi pada arah perpindahan kalor secara konduksi dan 4 model visualisasi pada arah perpindahan kalor secara konveksi. Terkait kemampuan argumentasi ilmiah pola yang sering digunakan oleh siswa adalah claim data dan backing tanpa disertai warrant dan qualifier. Hasil penelitian ini merekomendasikan bahwa guru dapat menggunakan model pembelajaran berbasis konstruktivistik salah satunya adalah argumentdriven inquiry. Penelitian lainnya diharapkan dapat meningkatkan model mental dan kemampuan argumentasi ilmiah yang dimiliki oleh siswa pada materi fisika lainnya dan pada setiap jenjang pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59948 |
Actions (login required)
View Item |