Rahman, Adetya (2018) Kemampuan argumentasi ilmiah dan penguasaan konsep materi hukum Newton siswa kelas X SMA Kota Banjarmasin / Adetya Rahman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahman Adetya. 2018. Kemampuan Argumentasi Ilmiah dan Penguasaan Konsep Materi Hukum Newton Siswa Kelas X SMAN Kota Banjarmasin. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Markus Diantoro M.Si (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata Kunci Penguasaan Konsep Kemampuan Argumentasi Ilmiah. Penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah merupakan hal yang penting dalam pembelajaran fisika. Dilapangan ditemukan rendahnya penguasaan konsep siswa dan rendahnya kemampuan argumentasi siswa. Perlu meneliti lebih lanjut sejauh mana penguasaan konsep siswa dan kemampuan argumentasi ilmiah siswa jika ditinjau dari kategori sekolah berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguasaan konsep siswa SMAN Banjarmasin pada Hukum Newton untuk mendeskripsikan kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMAN Banjarmasin pada hukum Newton dan untuk mengetahui korelasi antara penguasaan konsep siswa dan kemampuan argumentasi ilmiah siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua SMAN Banjarmasin berjumlah 13 SMAN yang terdiri dari SMA kategori atas kategori tengah dan kateogri bawah. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling dengan membagi 13 SMAN yang ada di kota Banjarmasin berdasarkan hasil UN IPA tahun 2017. Pembagian kategori atas sebanyak 4 sekolah kategori tengah 5 sekolah dan kategori bawah 4 sekolah. Kemudian dilakukan undian setiap kelompok untuk memilih masing-masing perwakilan. Berdasarkan undian diperoleh SMAN 2 Banjarmasin SMAN 6 Banjarmasin dan SMAN 12 Banjarmasin. Data mencakup data kuantitatif melalui tes soal pilihan ganda penguasaan konsep Hukum Newton dan tes soal essai kemampuan argumentasi ilmiah hukum newton. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif uji normalitas homogenitas uji beda uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata penguasaan konsep siswa kelas X SMAN Banjarmasin masih rendah dengan rata-rata sebesar 36 4. Terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan konsep siswa kelas X MIA antara sekolah kategori tinggi sedang dan rendah. Rata-rata kualitas argumentasi ilmiah siswa kelas X SMAN Banjarmasin sebesar 38 35 dengan rata-rata pada level 1 dan 2. Terdapat perbedaan yang signifikan kualitas argumentasi ilmiah siswa kelas X MIA antara sekolah kategori tinggi sedang dan rendah. Rata-rata validitas konseptual argumentasi ilmiah siswa kelas X SMAN Banjarmasin sebesar 41 27 dengan rata-rata pada level 1. Terdapat perbedaan yang signifikan validitas konseptual argumentasi ilmiah siswa kelas X MIA antara sekolah kategori tinggi sedang dan rendah. Penguasaan konsep siswa tidak berkolerasi dengan kemampuan argumentasi ilmiah siswa sedangkan kualitas argumentasi ilmiah berkorelasi kuat positif terhadap validitas konseptual argumentasi ilmiah siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59946 |
Actions (login required)
View Item |