Konsistensi Representasi Penulisan Besaran Fisis dan Penguasaan Konsep Fisika Mahasiswa Calon Guru pada Materi Kinematika / Fathoroni - Repositori Universitas Negeri Malang

Konsistensi Representasi Penulisan Besaran Fisis dan Penguasaan Konsep Fisika Mahasiswa Calon Guru pada Materi Kinematika / Fathoroni

Fathoroni (2018) Konsistensi Representasi Penulisan Besaran Fisis dan Penguasaan Konsep Fisika Mahasiswa Calon Guru pada Materi Kinematika / Fathoroni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fathoroni. 2018. Konsistensi Representasi Penulisan Besaran Fisis dan Penguasaan Konsep Fisika Mahasiswa Calon Guru pada Materi Kinematika. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Markus Diantoro M.Si. (II) Dr. Parno M.Si. Kata kunci konsisten representasi besaran fisis kinematika Dalam dunia pendidikan fisika masih banyak ditemukan ketidakkonsistenan representasi besaran fisis dalam penyampaian sehari-hari baik secara tertulis maupun lisan. Namun belum banyak penelian yang benar-benar fokus membahas isu tersebut sehingga penelitian dilakukan untuk memahami pola konsistensi besaran fisis tingkat dasar dan representasinya pada materi kinematika pada mahasiswa Universitas Samawa Program Studi Pendidikan Fisika. Pada penelitian ini konsistensi didefinikan sebagai kualitas ketaatan representasi penulisan besaran fisis yang tetap sesuai dengan aturan representasi penulisan besaran fisis yang baik dan benar pada tingkatan level yang berbeda. Konsistensi representasi adalah ketaatan menggunakan dan mengekspresikan berbagai representasi penulisan besaran fisis secara benar dan konsisten. Penelitian telah dilakukan dengan metode mixed method model embedded correlational design. Partisipan penelitian berjumlah 20 mahasiswa semester 3 yang telah lulus mata kuliah Fisika Dasar 1. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes konsistensi pengetahuan besaran fisis dan representasinya yang terdiri dari 3 instrumen pokok. Instrumen pertama adalah tes konsistensi representasi tingkat dasar besaran fisis yang terdiri 7 soal uraian berantai. Tes kedua adalah tes konsistensi representasi tingkat lanjut besaran fisis (tipe jeopardy) dan tes ketiga adalah tes KCI (kinematic concepts inventory). Analisis kuantitatif menggunakan analisis deskriptif dan uji regresi tunggal dilanjutkan dengan uji korelasi. Analisis kualitatif menggunakan reduksi pengkodean dan interpretasi data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa konsistensi pengetahuan tingkat dasar representasi besaran fisis yang terdiri dari konsistensi pengetahuan dasar dan konsistensi penggunaan dasar besaran fisis dan representasinya masih rendah. Hasil analisis data mengingikasikan bahwa tingkat pengetahuan dan penggunaan representasi besaran fisis seluruh mahasiswa berada pada level konsistensi rendah level 5 (KRLV5) dan konsistensi penguasaan konsep kinematika berada pada level konsistensi rendah level 4 (KRLV4). Secara statistik konsistensi representasi penulisan besaran fisis berhubungan positif terhadap penguasaan konsep kinematika. Angka R Square atau koefisien determinasi adalah 0 302. Hal ini berarti 30 2 % variasi dari penguasaan konsep kinematika bisa dijelaskan oleh variasi variabel konsistensi representasi penulisan besaran fisis sedangkan sisanya 69 8% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain. Dari uji anova atau F test didapat F hitung adalah 7 772 dengan tingkat signifikansi 0 012. Karena probabilitas lebih kecil daripada 0 05 maka model regresi bisa digunakan untuk memprediksi KCI.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59945

Actions (login required)

View Item View Item