Analisis penguasaan konsep dan scientific reasoning siswa pada model pembelajaran interactive demonstration disertai formative feedback / Suryaningsasi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penguasaan konsep dan scientific reasoning siswa pada model pembelajaran interactive demonstration disertai formative feedback / Suryaningsasi

Suryaningsasi (2018) Analisis penguasaan konsep dan scientific reasoning siswa pada model pembelajaran interactive demonstration disertai formative feedback / Suryaningsasi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suryaningsasi. 2018 Analisis Penguasaan Konsep dan Scientific Reasoning Siswa pada Model Pembelajaran Interactive Demonstration disertai Formative Feedback.Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sentot Kusairi M. Si. (II) Dr. Hari Wisodo S. Pd M. Si Kata Kunci penguasaan konsep scientific reasoning pembelajaran interactive demonstration formative feedback Scientific reasoning merupakan kemampuan untuk menentukan pertanyaan sains merancang cara untuk menjawab pertanyaan mengolah (analisis) data dan hasil yang diperoleh diinterpretasikan untuk memberikan kontribusi dalam keterampilan kognitif siswa pada penguasaan konsep. Akan tetapi banyak siswa memiliki scientific reasoning yang rendah sehingga dalam memahami konsep secara teori dan ilmiah yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari mengalami kesulitan. Scientific reasoning yang rendah menyebabkan banyak siswa memiliki penguasaan konsep yang rendah salah satunya pada materi tekanan. Materi tekanan merupakan materi fisika yang sangat konseptual dan mendasari banyak konsep fisika lainnya terutama materi fluida statis. Berdasarkan fakta tersebut solusi yang tepat untuk meningkatkan penguasaan konsep dan scientific reasoning siswa adalah melalui pembelajaran interactive demonstrasi disertai formative feedback. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penguasaan konsep dan scientific reasoning siswa setelah pembelajaran interactive demonstration disertai formative feedback. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan embedded eksperimental model. Subyek dalam penelitian ini terdiri 45 siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Rembang tahun pelajaran 2017/2018. Hasil data penelitian diperoleh melalui tes observasi dan wawancara. Instrument pengukuran penguasaan konsep menggunakan test yang terdiri dari 20 soal dalam bentuk two-tiers dan instrumen pengukuran scientific reasoning menggunakan CTSR (Classroom Test of Scientific Reasoning) soal yang dikembangkan oleh Lawson dengan bentuk two tiers. Data kuantitatif dianalisis menggunakan uji validitas uji beda everage normalized gain dan effectsize. Data kualitatif dianalisis dengancara reduksi data coding deskripsi kemudian interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran interactive demonstrasi disertai feedback dapat meningkatkan penguasaan konsep dan scientific reasoning siswa dengan indikator sebagai berikut (1) Penguasaan konsep materi tekanan siswa setelah pembelajaran menunjukkan bahwa sebanyak 7 siswa berada pada kategori penguasaan konsep tinggi 24 siswa berada pada kategori penguasaan konsep sedang dan 14 siswa berada pada kategori penguasaan konsep rendah. Peningkatan skor penguasaan konsep sebelum dan setelah pembelajaran masuk dalam kategori sedang dengan skor penguasaan konsep siswa meningkat dari rata-rata pretest sebesar 9 78 menjadi 79 56 dengan diperoleh nilai N-gain sebesar 0 49 masuk dalam kategori sedang untuk nilai Cohen s d-effect size sebesar -0 87 kategori sangat kuat (very strong). (2) Scientific reasoning siswa setelah pembelajaran menunjukkan bahwa 16 siswa berada pada kategori penalar konkret 28 siswa ada pada kategori transisi awal dan satu siswa ada pada kategori transisi akhir. Peningkatan skor scientific reasoning sebelum dan setelah pembelajaran masuk dalam kategori rendah dengan skor rata-rata pretest sebesar 2 00 dan saat posttest 5 00 dan nilai N-gain sebesar 0.27. Siswa mengalami kesulitan pada dua aspek scientific reasoning yaitu proportional reasoning dan probabilistic reasoning. Sementara itu pengaruh model pembelajaran interactive demonstrasi terhadap scientific reasoning siswa masuk dalam kategori sangat kuat dibuktikan dengan nilai effect size yang bernilai -0 88.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59944

Actions (login required)

View Item View Item