Pendekatan Conceptual Problem Solving (CPS) dalam pembelajaran modeling untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada teorema impuls dan momentum / Shoufie Nur Aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendekatan Conceptual Problem Solving (CPS) dalam pembelajaran modeling untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada teorema impuls dan momentum / Shoufie Nur Aini

Aini, Shoufie Nur (2018) Pendekatan Conceptual Problem Solving (CPS) dalam pembelajaran modeling untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada teorema impuls dan momentum / Shoufie Nur Aini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aini Shoufie Nur. 2018.Pendekatan Conceptual Problem Solving (CPS) dalam Pembelajaran Modeling untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Teorema Impuls dan Momentum. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sutopo M.Si. (2) Dr. Sunaryono M.Si. Kata Kunci Conceptual Problem Solving Pembelajaran Modeling Penguasaan Konsep Kemampuan Pemecahan Masalah Teorema Impuls dan Momentum Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek pembelajaran modeling dengan pendekatan Conceptual Problem Solving (CPS) terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang masih dialami siswa setelah pembelajaran modeling dengan pendekatan CPS. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah mix methode dengan desain embeded experimental model. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumenep tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian sebanyak 52 siswa yang terbagi pada dua kelas X jurusan IPA. Instrumen penelitian yang digunakan adalah perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP dan LKS sedangkan insrumen pengukuran yang digunakan adalah 15 soal pilihan ganda untuk mengukur penguasaan konsep dan 1 soal uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data menggunakan uji t berpasangan (paired t test) untuk mengetahui perbedaan skor siswa sebelum dan setelah pembelajaran menghitung nilai gain untuk mengetahui peningkatan skor siswa dan menghitung d-effect size untuk mengetahui seberapa besar efek pembelajaran terhadap kenaikan skor siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan penguasaan konsep siswa sebelum dan setelah pembelajaran modeling dengan pendekatan CPS. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada uji t sebesar 0 00

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59943

Actions (login required)

View Item View Item