Keterampilan pemecahan masalah dan pemahaman konseptual pada model search create and share problem solving disertai conceptual problem solving pada materi hukum Newton / Shofi Hikmatuz Zahroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Keterampilan pemecahan masalah dan pemahaman konseptual pada model search create and share problem solving disertai conceptual problem solving pada materi hukum Newton / Shofi Hikmatuz Zahroh

Zahroh, Shofi Hikmatuz (2018) Keterampilan pemecahan masalah dan pemahaman konseptual pada model search create and share problem solving disertai conceptual problem solving pada materi hukum Newton / Shofi Hikmatuz Zahroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Zahroh Shofi Hikmatuz. 2018. Keterampilan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konseptual pada Model Search Solve Create and Share Problem Solving disertai Conceptual Problem Solving pada Materi Hukum Newton. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Parno M.Si. (2) Dr. Nandang Mufti S.Si. M.T. Ph.D Kata kunci Keterampilan pemecahan masalah pemahaman konseptual SSCS Problem Solving disertai CPS Hukum Newton Pemahaman konseptual dan keterampilan pemecahan masalah adalah isu penting yang masih dibahas dalam penelitian belakangan ini. Keterampilan pemecahan masalah diperlukan dalam menghadapi perubahan masyarakat yang cepat serta didukung oleh kemajuan teknologi. Pemahaman konseptual juga diperlukan khususnya dalam memecahkan masalah untuk memahami informasi yang diberikan oleh masalah dan dapat menggunakan konsep serta prinsip fisika dalam menyelesaikan masalah. Namun pemahaman konseptual dan keterampilan pemecahan masalah siswa khususnya pada materi Hukum Newton masih tergolong rendah. Oleh sebab itu dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran SSCS problem solving disertai CPS untuk mengetahui pengaruhnya terhadap pemahaman konseptual dan keterampilan pemecahan masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah embedded-experimental design. Desain kuasi eksperimen yang digunakan adalah one group pretest-posttest design yang dilakukan pada 32 siswa dalam kelas yang sama di SMA Negeri 7 Malang. Data penelitian didapatkan melalui tes keterampilan pemecahan masalah dan pemahaman konseptual siswa observasi pembelajaran dan wawancara yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Tes yang digunakan saat pretest dan posttest juga diuji tingkat kesukaran dan daya pembedanya. Data pretest dan posttest pemahaman konseptual dan keterampilan pemecahan masalah yang dihasilkan menunjukkan hasil yang berbeda secara signifikan. Nilai effect size yang dihasilkan pada pemahaman konseptual sebesar 0 77 dan pada keterampilan pemecahan masalah sebesar 0 62. Nilai tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran tersebut memiliki efektivitas yang sedang terhadap pemahaman konseptual siswa. Nilai N-gain yang diperoleh pada pemahaman konseptual sebesar 0 23 sedangkan pada keterampilan pemecahan masalah sebesar 0 21. Nilai ini menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan pemahaman konseptual siswa saat pretest dan posttest tergolong rendah. Peningkatan pemahaman konseptual siswa terbesar terjadi pada level memahami sedangkan peningkatan terbesar pada keterampilan pemecahan masalah terjadi pada aspek deskripsi bermakna dan pendekatan fisika. Rendahnya peningkatan pemahaman konseptual siswa dipengaruhi oleh miskonsepsi yang masih dimiliki dan melekat kuat dalam pemikiran siswa sedangkan peningkatan keterampilan pemecahan masalah yang rendah diduga disebabkan karena siswa masih tergolong pemecah masalah pemula sehingga membutuhkan waktu lebih lama agar menjadi seperti ahli pemecah masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59941

Actions (login required)

View Item View Item