Analisis penguasaan konsep dan kesulitan belajar materi alat-alat optik pada siswa kelas XI MAN Tuban / Qurrotul Ainiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penguasaan konsep dan kesulitan belajar materi alat-alat optik pada siswa kelas XI MAN Tuban / Qurrotul Ainiyah

Ainiyah, Qurrotul (2018) Analisis penguasaan konsep dan kesulitan belajar materi alat-alat optik pada siswa kelas XI MAN Tuban / Qurrotul Ainiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ainiyah Qurrotul. 2018. Analisis Penguasaan Konsep dan Kesulitan Belajar Materi Alat-Alat Optik pada Siswa Kelas XI MAN Tuban. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (II) Dr. Parno M.Si. Kata Kunci penguasaan konsep kesulitan belajar alat-alat optik Penguasaan konsep erat kaitannya dengan penyelesaian masalah. Siswa dengan penguasaan konsep baik akan mampu memecahkan permasalahan konseptual atau matematis secara baik sedangkan siswa dengan penguasaan konsep rendah akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan. Kesulitan belajar timbul karena penguasaan konsep yang rendah. Kesulitan yang dihadapi siswa dalam mempelajari materi diantaranya kelemahan siswa dalam memahami konsep kelemahan dalam menghitung dan kesalahan penerapan materi dalam kehidupan sehari-hari. Materi optik dipilih karena merupakan salah satu materi fisika yang menekankan pemahaman kompleks baik secara konseptual maupun matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penguasaan konsep siswa dan kesulitan siswa dalam memecahkan permasalahan fisika.Sehingga guru dapat mengambil tindakan yang tepat sesuai dengan kesulitan yang dialami siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 dengan subyek penelitian sebanyak lima kelas yang terdiri dari 184 siswa. Instrumen dalam penelitian terdiri dari soal tes penguasaan konsep dan angket kesulitan belajar siswa. Instrumen tes diberikan dua minggu setelah pembelajaran Alat-alat Optik berlangsung. Data penelitian berupa hasil tes penguasaan konsep soal pilihan ganda dianalisis secara kuantitatif sedangkan hasil tes penguasaan konsep soal uraian dan angket persepsi siswa terhadap kesulitan belajar dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini adalah 1) Penguasaan konsep siswa dalam menyelesaikan soal pilihan ganda dan uraian masih rendah. Kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal pilihan ganda diantaranya kesulitan membandingkan denganmenyajikan contoh dalam berbagai representasi khususnya dalam bentuk gambar kesulitan menggunakan konsep dalam menyelesaikan permasalahan soal kesulitan dalam mengaplikasikan konsep untuk memecahkan permasalahan dalam soal kesulitan dalam mengidentifikasi dan mengaitkan pengetahuan yang diperoleh dari permasalahan yang telah ada sebelumnya kesulitan dalam menggunakan memanfaatkan dan memilih prosedur dalam memecahkan permasalahan soal kesulitan dalam menyelesaikan masalah serupa yang diubah sedikit dan kesulitan dalam membuat diagram jalannya sinar pada pembiasan cahaya pada lensa cembung. 2) Persepsi siswa terhadap kesulitan belajar yang diidentifikasi meliputi kesulitan siswa dalam melakukan percobaan alat-alat optik kesulitan dalam mempelajari alat-alat optik di kelas maupun di luar kelas kesulitan dalam memahami penerapan materi alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari kesulitan siswa dalam membuat diagram jalannya sinar pada pemantulan dan pembiasan cahaya dan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal secara matematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59940

Actions (login required)

View Item View Item