Hubungan kemampuan literasi dengan hasil belajar siswqa kelas V di SDN Bunulrejo 3 Kota Malang / Esthi Prasetyaning Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kemampuan literasi dengan hasil belajar siswqa kelas V di SDN Bunulrejo 3 Kota Malang / Esthi Prasetyaning Puspitasari

Puspitasari, Esthi Prasetyaning (2015) Hubungan kemampuan literasi dengan hasil belajar siswqa kelas V di SDN Bunulrejo 3 Kota Malang / Esthi Prasetyaning Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspitasari Esthi Prasetyaning. 2015. Hubungan Kemampuan Literasi dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN Bunulrejo 3 Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. M. Thoha A.R. S.Pd. M.Pd (II) MuhArafik S.Pd. M.Pd. Kata Kunci kemampuan literasi dan hasil belajar Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas V di SDN Bunulrejo 3 Kota Malang siswa kelas V memiliki kemampuan literasi (kemampuan membaca dan kemampuan menulis) yang berbeda-beda. Berdasarkan hasil dokumentasi hasil belajar ujian tengah semester pada tema 7 muatan bahasa Indonesia siswa kelas V juga memiliki hasil belajar yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan literasi siswa kelas V hasil belajar siswakelas V dan ada tidaknya hubungan antara kemampuan literasi dengan hasil belajar siswa kelas V di SDN Bunulrejo 3 kota Malang. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan literasi dengan hasil belajar pada siswa kelas V.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan rancangan deskriptif korelasional. Terdapat tiga metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara dokumentasi dan tes.Penelitian ini menggunakan analisis penelitian deskriptif korelasional. Berdasarkan analisis pengujian hipotesis yang telah dilakukan diperoleh hasil korelasi sub-variabel kemampuan membaca (X1) dengan variabel hasil belajar siswa (Y) sebesar 0 559 0 297 (rhitung rtabel) sehingga hipotesis diterima.Hasil korelasi sub-variabel kemampuan menulis (X2) dengan variabel hasil belajar siswa (Y) sebesar 0 567 0 297 (rhitung rtabel) sehingga hipotesis diterima. Setelah membandingkan rhitung dengan rtabel selanjutnya dilakukan perhitungan untuk mencari nilai R yang digunakan sebagai hasil dari analisis korelasi sub-variabel X1 dan X2 secara bersama-sama dikorelasikan dengan variabel Y menggunakan rumus analisis korelasi berganda. Nilai Rhitung Rtabel (0 436 0 297) menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kemampuan literasi dengan hasil belajar siswa kelas V di SDN Bunulrejo 3 kota Malang. Sub-variabel kemampuan membaca (X1) dan sub-variabel kemampuan menulis (X2) secara bersama-sama berhubungan positif dengan variabel hasil belajar siswa (Y). Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini yang menyatakan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan literasi dengan hasil belajar siswa dapat dinyatakan diterima. Berdasarkan kesimpulan penelitian peneliti memberikan saran kepada guru kelas V dan peneliti lain. Saran bagi guru yaitu lebih memberikan perhatian lebih terhadap peningkatan kemampuan literasi siswa. Hal ini bertujuan agar secara tidak langsung meningkatkan hasil belajar siswa kelas V. Saran bagi peneliti lain yaitu dapat menjadikan penelitian ini sebagai referensi bagi penelitiannya khususnya yang berkaitan dengan kemampuan literasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5994

Actions (login required)

View Item View Item