Penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah mekanika Newtonian pada pembelajaran Collaborative Inquiry (CI) berbantuan diagram gerak dan interaksi calon sarjana pendidikan fisika Unesa / Abu Zainuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah mekanika Newtonian pada pembelajaran Collaborative Inquiry (CI) berbantuan diagram gerak dan interaksi calon sarjana pendidikan fisika Unesa / Abu Zainuddin

Zainuddin, Abu (2018) Penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah mekanika Newtonian pada pembelajaran Collaborative Inquiry (CI) berbantuan diagram gerak dan interaksi calon sarjana pendidikan fisika Unesa / Abu Zainuddin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zainuddin.Abu. 2018. Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Mekanika Newtonan pada Pembelajaran Collaborative Inquiry (CI) Berbantuan Diagram Gerak dan Interaksi Calon Sarjana Pendidikan Fisika Unesa. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sentot Kusairi M.Si (II) Dr. Siti Zulaikah M.Si. Kata Kunci penguasaan konsep kemampuan pemecahan masalah mekanika Newtonan collaborative inquiry diagram gerak diagram interaksi Mahasiswa calon guru fisika diharapkan mampu menguasai konsep fisika dengan baik dan dapat menggunakannya dalam memecahkan permasalahan fisika. Kenyataannya hasil penelitian terdahulu menemukan banyak kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam penguasaan konsep fisika khususnya konsep mekanik Newtonan. Kesulitan tersebut juga dialami mahasiswa S1 pendidikan Fisika Unesa khususnya pada topik kinematika dan dinamika partikel. Oleh karena itu dibutuhkan pembelajaran yang mengupayakan agar mahasiswa dapat menguasai konsep secara mendalam dan dapat menggunakannya dalam memecahkan permasalahan fisika. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran yang memadukan pengalaman kolaborasi dan inkuiri yaitu pembelajaran Collaborative Inquiry (CI) berbantuan diagram gerak dan interaksi. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah mekanika Newtonan serta kesulitan yang dihadapi calon sarjana Pendidikan Fisika Unesa yang belajar dengan pembelajaran CI berbantuan diagram gerak dan interaksi. Penelitian menggunakan mixed method desain embeded experimental. Penelitian melibatkan 38 mahasiswa peserta Mata Kuliah Fisika Sekolah pada Kelas A angkatan 2015 Program Studi S1 Pendidikan Fisika Unesa. Pengukuran penguasaan konsep menggunakan 20 butir tes pilihan ganda beralasan sedangkan kemampuan pemecahan masalah diukur menggunakan 5 butir tes essay. Data kuantitatif penguasaan konsep diperoleh dari skor pilihan jawaban mahasiswa dan kemampuan pemecahan masalah dari skor keberhasilan pemecahan masalah dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif uji beda skor pretes-postes N-Gain dan effect size. Data kualitatif diperoleh dari alasan jawaban tes penguasaan konsep kualitas jawaban tertulis dalam menjawab tes pemecahan masalah dan kesulitan mahasiswa dalam memahami konsep dianalisis dengan tahapan menyederhanakan menyajikan dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah mekanika Newtonan berubah lebih baik saat belajar dengan CI berbantuan diagram gerak dan interaksi bahkan cenderung meningkat. Berdasarkan skor pretes-postes penguasaan konsep meningkat dari 31 71 menjadi 58 16 (t -11 16 p 0 00) N-gain berkategori sedang ( 9001 119892 9002 0 38) dan effect size berkategori kuat (d 2 17). Kemampuan pemecahan masalah meningkat dari 37 76 mensjadi 63 29 (t -14 246 p 0 00) N-gain berkategori sedang ( 9001 119892 9002 0 41) dan effect size berkategori kuat (d 1 98). Berdasarkan alasan jawaban mahasiswa pada topik kinematika pada awalnya mereka sulit membedakan konsep posisi perpindahan dan jarak sulit memahami konsep kecepatan dan percepatan namun selanjutnya membaik dan sesuai dengan konsep ilmiah. Pada topik dinamika awalnya konsep gaya dipahami sebatas hafalan namun selanjutnya dipahami sebagai hasil interaksi antara benda dengan lingkungannya. Kualitas strategi pemecahan masalah scientific dan structured-plug and chug menjadi lebih banyak. Namun demikian sebagian mahasiswa masih kesulitan dalam memahami konsep gaya sentripetal dan sulit keluar dari pemahaman bahwa percepatan negatif selalu bermakna perlambatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59939

Actions (login required)

View Item View Item