Program resitasi untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa tentang termodinamika / Agista Sintia Dewi Adila - Repositori Universitas Negeri Malang

Program resitasi untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa tentang termodinamika / Agista Sintia Dewi Adila

Adila, Agista Sintia Dewi (2018) Program resitasi untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa tentang termodinamika / Agista Sintia Dewi Adila. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Adila Agista Sintia Dewi. 2018. Program Resitasi Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Mahasiswa Tentang Termodinamika. Tesis Program StudiS2 PendidikanFisika PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutopo M.Si. (II) Dr. Wartono M.Pd. Kata Kunci program resitasi penguasaan konsep termodinamika Penguasaan konsep merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh mahasiswa. Pembelajaran di kelas telah mampu meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa namun terkadang konsep yang dipahami mahasiswa berbeda dengan konsep yang telah disetujui oleh para ahli. Untuk itu diperlukan pendalaman materi yang dilakukan di luar kelas dengan menggunakan program resitasi. Tujuanpenelitianiniadalahmelihat peningkatan penguasaan konsep mahasiswa yang telah menggunakan program resitasi terkait konsep termodinamika meliputi persamaan keadaan gas Hukum I Termodinamika dan Hukum II Termodinamika. Metode yang digunakanadalahmixed methodsjenisembedded design.Penelitimelakukananalisis data kuantitatifuntukmengetahuiefektivitas program resitasi danmenggunakan data kualitatifuntukmengetahuikesulitan kesulitan yang masih dihadapi mahasiswa seetelah menggunakan program resitasi.Subjekpenelitianadalah21 mahasiswaofferingM Universitas Negeri Malang. Pengambilan data dilakukandenganmenggunakaninstrumentes wawancara angket respondandokumentasifoto. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaprogram resitasi meningkatkan penguasaan konsep termodinamika mahasiswa dengant(20) 9.4 p 0.000 d 2.51dan N-gain 0 365.Program resitasi yang dikembangkan dapat meningkatan penguasaan konsep mahasiswa terutama konsep tentang pengkontruksian diagram P-V berdasarkanfenomenaalam menentukan proses isobarikpadabeberapa diagram T-Vyang disajikan danmenganalisishubunganenergikinetik rata-rata tiappartikeldengansuhu. Namun mahasiswa masih kesulitan untuk menguasai konsep tentang identifikasi sifat alami gas analisishubungansuhudan volume pada proses tekanankonstan menentukanusaha total dankalor total pada proses siklik analisisprinsipkerjamesinpendingindanpompakalor mengevaluasi diagram mesin kalor dan mengevaluasi diagram mesin pendingin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59937

Actions (login required)

View Item View Item