Analisis penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang belajar dengan model guided inquiry disertai assessment for learning pada materi fluida statis / Muhamad Bahar Sofiuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang belajar dengan model guided inquiry disertai assessment for learning pada materi fluida statis / Muhamad Bahar Sofiuddin

Sofiuddin, Muhamad Bahar (2018) Analisis penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang belajar dengan model guided inquiry disertai assessment for learning pada materi fluida statis / Muhamad Bahar Sofiuddin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sofiuddin Muhamad Bahar. 2018. Analisis Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Yang Belajar Dengan Model Guided Inquiry Disertai Assessment For Learning Pada Materi Fluida Statis. Tesis Jurusan Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sentot Kusairi M.Si. (2) Prof. Dr. Sutopo M.Si. Kata Kunci guided inquiry assessment for learning penguasaan konsep siswa kemampuan pemecahan masalah siswa fluida statis. Melatih siswa agar memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tinggi merupakan hal yang dianggap penting oleh setiap pendidik terutama pada pendidikan fisika mengingat kemampuan tersebut adalah salah satu target utama dalam pendidikan pada abad 21. Namun hal ini tidak didukung dengan adanya penguasaan konsep siswa yang masih tergolong rendah pada materi fluida statis. Padahal penguasaan konsep merupakan komponen dasar di dalam memecahkan suatu masalah. Model pembelajaran guided inquiry disertai assessment for learning merupakan inovasi dalam sebuah pembelajaran yang menggabungkan antara model pembelajaran dengan penilaian. Inovasi ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan penguasaan konsep dan pemecahan masalah siswa setelah belajar dengan menggunakan model guided inquiry disertai assessment for learning selain itu juga untuk mengidentifikasi kesulitan siswa dalam pembelajaran fluida statis. Rancangan penelitian menggunakan mixed method dengan desain embedded experimental. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas X MAN 1 Tulungagung yang terdiri dari 33 siswa pada materi fluida statis. Instrumen penelitian terdiri dari Silabus RPP LKS soal pilihan ganda dan soal essai yang telah divalidasi oleh dua tim ahli. Data kuantitatif dianalisis menggunakan uji-t sampel berpasangan dan N-gain. Sedangkan data kualitatif dianalisis melalui urutan dari reduksi data pengkodean penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model guided inquiry disertai assessment for learning berpengaruh cukup kuat terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa dan berpengaruh rendah/lemah terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kesulitan siswa yang ditemukan pada penelitian fluida statis diantaranya adalah (1) Mendefinisikan besaran fisika (2) Menarik kesimpulan pada percobaan (3) Menggambarkan grafik hubungan (4) Perhitungan matematis (aljabar). Selain itu juga ditemukan bahwa subtopik tekanan hidrostatis merupakan subtopik yang paling sulit diantara sub topik lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59935

Actions (login required)

View Item View Item