Penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah konseptual dengan pembelajaran STEM berbasis masalah materi fluida dinamis pada siswa SMA Negeri 3 Batu / Helmi Pakas Rivai - Repositori Universitas Negeri Malang

Penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah konseptual dengan pembelajaran STEM berbasis masalah materi fluida dinamis pada siswa SMA Negeri 3 Batu / Helmi Pakas Rivai

Rivai, Helmi Pakas (2018) Penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah konseptual dengan pembelajaran STEM berbasis masalah materi fluida dinamis pada siswa SMA Negeri 3 Batu / Helmi Pakas Rivai. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rivai Helmi Pakas. 2018. Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Konseptual dengan Pembelajaran STEM Berbasis Masalah Materi Fluida Dinamis Pada Siswa SMA Negeri 3 Batu. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (II) Dr. Parno M.Si. Kata Kunci penguasaan konsep kemampuan pemecahan masalah konseptual pembelajaran STEM berbasis masalah fluida dinamis Penguasaan konsep fluida dinamis memudahkan siswa dalam proses memecahkan masalah konseptual fluida atau zat alir. Penguasaan konsep dicapai ketika siswa mampu untuk memahami konsep secara teoritis dan mampu menerapkan konsep tersebut secara praktis. Kemampuan pemecahan masalah konseptual merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran fluida dinamis yang perlu dikembangkan agar siswa mampu memecahkan permasalahan konseptual dalam pembelajaran fluida dinamis. STEM adalah pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan bidang keilmuan sains teknologi teknik dan matematika ke dalam sebuah pembelajaran utuh yang akan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan siswa secara komprehensif. Berkaitan dengan permasalahan mengenai urgensi proses pembelajaran yang menuntut siswa untuk menjadi terampil dalam kognitif psikomotor serta afektifnya pembelajaran STEM berbasis masalah merupakan pembelajaran yang tepat untuk diterapkan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods embedded experimental model. Subjek penelitian terdiri dari 27 siswa SMA Negeri 3 Batu. Instrumen penelitian terdiri atas instrumen pembelajaran dan instrumen pengukuran. Instrumen pembelajaran berupa silabus rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Instrumen pengukuran berupa butir soal tes penguasaan konsep yang terdiri dari 5 soal uraian butir soal tes kemampuan pemecahan masalah konseptual yang terdiri dari 5 soal uraian dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan tes wawancara dan observasi. Teknik analisis data secara kuantitatif menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test Normalized Gain Score dan Effect size. Teknik analisis data secara kualitatif menggunakan Coding Data Reduction Data Display dan Conclusion Drawing/Verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran STEM berbasis masalah berpengaruh terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah konseptual dengan Asymp.Sig.(2-tailed) 0 000 0 05. Pembelajaran STEM berbasis masalah meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah konseptual dengan kriteria sedang. Pembelajaran STEM berbasis masalah berpengaruh pada penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah dengan kriteria kuat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59934

Actions (login required)

View Item View Item