Kemampuan pemecahan masalah dan model mental siswa pada experiental learning materi Fluida Statis kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Batu / Ida Purnamasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan pemecahan masalah dan model mental siswa pada experiental learning materi Fluida Statis kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Batu / Ida Purnamasari

Purnamasari, Ida (2018) Kemampuan pemecahan masalah dan model mental siswa pada experiental learning materi Fluida Statis kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Batu / Ida Purnamasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purnamasari Ida. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah dan Model Mental Siswa Pada Experiential Learning Materi Fluida Statis Kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Batu Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (II) Dr. Markus Diantoro M.Si. Kata Kunci kemampuan pemecahan masalah model mental experiential learning Fluida statis merupakan bagian dari ilmu fisika yang erat dengan fenomena alam. Materi fluida statis mencakup hukum tekanan Hidrostatis hukum Pascal hukum Archimedes tegangan permukaan hukum Stokes viskositas dan gejala meniskus. Spesifikasi dari fluida statis adalah dalam pembelajarannya diharapkan siswa mampu secara mandiri menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa dan model mental siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Batu pada materi fluida statis yang mengalami pembelajaran Experiential Learning. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian embedded mixed method design. Subjek penelitian yang digunakan adalah 30 siswa kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 3 Batu. Instrumen pengukuran yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah soal model mental pedoman wawancara dan lembar observasi pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis data kemampuan pemecahan masalah dan model mental siswa yang didasarkan pada hasil pretest dan posttest serta hasil wawancara selanjutnya dianalisis menggunakan N-Gain dan effect size. Selain itu dianalisis secara kualitatif melalui tahapan reduction coding dan display data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fluida statis menggunakan Experiential Learning meningkat. Kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami pergeseran pada tiap indikator problem schema causal analogical dan argumentation. Kemampuan pemecahan masalah siswa dapat dikelompokkan sebanyak 3 3 % siswa pada kategori rendah 53 3 % siswa pada kategori sedang dan 43 3 % siswa dalam kategori tinggi. Pembelajaran Experiential Learning juga berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai effect size kategori kuat. Model mental siswa pada materi fluida statis menggunakan Experiential Learning berubah secara signifikan semua model mental siswa dapat dikelompokkan menjadi 36 7% siswa pada kategori surface 56 7% siswa pada kategori moderate dan 6 7% siswa pada kategori deep. Pembelajaran Experiential Learning juga berpengaruh terhadap model mental siswa dengan nilai effect size kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59933

Actions (login required)

View Item View Item