Kemampuan pemecahan masalah dan model mental siswa kelas XI pada materi Suhu dan Kalor dengan experiential learning di SMAN 3 Malang / Dice Kantarinata

Kantarinata, Dice (2018) Kemampuan pemecahan masalah dan model mental siswa kelas XI pada materi Suhu dan Kalor dengan experiential learning di SMAN 3 Malang / Dice Kantarinata. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Kantarinata Dice. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah dan Model Mental Siswa Kelas XI pada Materi Suhu dan Kalor dengan Experiential Learning di SMAN 3 Malang. Tesis Jurusan Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M. Pd. (II) Nandang Mufti S.Si M.T Ph.D. Kata Kunci kemampuan pemecahan masalah model mental experiential learning Penelitian tentang kemampuan pemecahan masalah banyak diteliti beberapa tahun terakhir karena menjadi salah satu kompetensi abad 21 yang harus dimiliki siswa untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan dapat merepresentasikan model mental siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh pembelajaran experiential learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pengaruh pembelajaran experiential learning terhadap model mental siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methode desain embedded experimental model. Jumlah subjek yang digunakan adalah 30 siswa kelas XI IPA-A di SMA N 3 Malang. Pengambilan data dilakukan dengan pre test dan post test menggunakan instrumen 9 soal essay kemampuan pemecahan masalah dan 11 soal essay model mental. Soal yang digunakan untuk pre test dan post test berbeda tetapi memiliki indikator yang sama. Hasil yang diperoleh dianalisis menggunakan uji paired sample t-test effect size dan N-gain. Didapatkan kemampuan pemecahan masalah menunjukkan terdapat pengaruh experiential learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan nilai thitung ttabel (-16 397 2 045). Kemudian dari hasil perhitungan effect size yaitu untuk menentukan besar pengaruh experiential learning terhadap kemampuan pemecahan masalah didapatkan nilai 3 80 kategori efek kuat. Nilai N-gain untuk kemampuan pemecahan masalah sebesar 0 46 yang berarti perubahan kemampuan pemecahan masalah sebelum dan setelah perlakuan adalah sedang. Selanjutnya didapatkan analisis model mental siswa dengan nilai thitung (0 978) ttabel (0 927) yang menunjukkan terdapat pengaruh experiential learning terhadap model mental siswa. Untuk pengaruh pembelajaran experiential learning terhadap model mental siswa didapatkan pengaruh effect size dengan kategori kuat sebesar 3 81. Kemudian untuk nilai model mental sebelum dan setelah perlakuan didapatkan nilai N-gain sebesar 0 53 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis yang didapatkan diharapkan pendidik untuk dapat menindaklanjuti kesulitan yang masih dialami siswa agar menghasilkan pembelajaran yang efektif. Selanjutnya diharapkan pendidik dapat mengembangkan LKS ataupun soal-soal yang lebih terstruktur serta lengkap dalam memahami materi secara mikroskopik untuk menerapkan kemampuan pemecahan masalah serta mengembangkan model mental siswa. Selain itu pendidik diharapkan untuk dapat membiasakan siswa menggunakan langkah-langkah kemampuan pemecahan masalah dan memberikan pengetahuan mikroskopik kepada siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59932

Actions (login required)

View Item View Item