Pengaruh pembelajaran discovery materi Fluida Statis terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah Fisika siswa SMA ditinjau dari kemampuan awal / Mohammad Isnaini

Isnaini, Mohammad (2018) Pengaruh pembelajaran discovery materi Fluida Statis terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah Fisika siswa SMA ditinjau dari kemampuan awal / Mohammad Isnaini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini didasarkan atas beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika tebukti menjadi tantangan yang paling sulit dihadapi oleh siswa. Salah satu cara adalah menggunakan strategi atau metode pembelajaran yang tepat dan sesuai, salah satunya yaitu pembelajaran discovery. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang dilakukan di SMAN 1 Tanjung dengan dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X Mia2 dan kelas X Mia3. Data dianalisis menggunakan Two-ways Anova yang bertujuan untuk melihat signifikansi perbedaan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah pada kedua kelas tersebut yang disebabkan oleh pemberian pembelajaran dan kemampuan awal yang berbeda, serta melihat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Hasil penelitian menujukkan bahwa pemberian model pembelajaran yang berbeda yaitu pembelajaran discovery pada kelas eksperimen memberikan dampak terhadap perbedaan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah antara kedua kelas tersebut yang ditinjau dari kemampuan awal siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa adanya perbedaan penguasaan konsep antara siswa yang diajarakan dengan model discovery dan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional yaitu penguasaan konsep siswa kelas ekserimen lebih tinggi dari penguasaan konsep kelas kontrol sedangkan berdasarkan kemampuan awal menunjukkan tidak ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain penguasaan konsep, hasil analisis kemampuan pemecahan masalah berdasarkan pembelajaran juga menunjukkan adanya perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Sedangkan hasil analisis kemampuan pemecahan masalah berdasarkan kemampuan awal siswa menunjukkan tidak adanya perbedaan, yaitu kemampuan pemecahan masalah siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol cenderung tidak berbeda atau tetap meskipun sudah diajar dengan model pembelajaran yang berbeda. Analisis pengaruh interaksi model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah menunjukkan tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal baik terhadap penguasaan konsep maupun terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa khususnya materi fluida statis. Kata kunci: discovery, penguasaan konsep, kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan awal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59930

Actions (login required)

View Item View Item