Pengembangan bahan pembelajaran subtema Keuniukan daerah Tempat Tinggalku melalui media CD interaktif untuk kelas IV di SDN Pandanwangi 4 / Kiki Novitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan pembelajaran subtema Keuniukan daerah Tempat Tinggalku melalui media CD interaktif untuk kelas IV di SDN Pandanwangi 4 / Kiki Novitasari

Novitasari, Kiki (2015) Pengembangan bahan pembelajaran subtema Keuniukan daerah Tempat Tinggalku melalui media CD interaktif untuk kelas IV di SDN Pandanwangi 4 / Kiki Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Novitasari Kiki. 2015. Pengembangan Bahan Pembelajaran Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Melalui Media CD Interaktif Untuk Kelas IVdi SDN Pandanwangi 4.Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Heru Agus Triwidjaja M.Pd S.Pd (II) Drs. Dimyati M.Pd. Kata Kunci pengembangan bahan pembelajaran keunikan daerah tempat tinggalku cd interaktif Hasil wawancara yang dilakukan dengan guru ketika pembelajaran berlangsung siswa kurang antusias karena kurangnya media saat pembelajaran. Guru menjelaskan bahwa hasil evaluasi saat pembelajaran pada subtema keunikan daerah tempat tinggalku menyatakan banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan yaitu 75. Ada sekitar 30% siswa yang tidak mencapai KKM. Diketahui dari 38 siswa diperoleh hasil 33 siswa mencapai KKM dan 15 siswa tidak mencapai KKM. Penelitian dan pengembangan media CD interaktif dilakukan di SDN Pandanwangi 4 Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk dengan tingkat kelayakan menurut ahli materi ahli media guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (research and develompment) dari Sugiyono yang telah dimodifikasi dengan langkah-langkah seperti 1) mengidentifikasi masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi desain 5) revisi desain 6) uji coba produk 7) revisi produk. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Intrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara dan angket. Subyek penelitian adalah 15 anak kelas IV dengan kemampuan heterogen. Produk pengembangan media interaktif ini melalui proses yang cukup panjang dimulai dari pembuatan rancangan produk pembuatan produk evaluasi produk ke ahli materi ahli media guru dan siswa kemudian merevisi produk akhir untuk menghasilkan produk yang maksimal. Hasil akhir produk berupa materi subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku yang dikemas dalam bentuk CD disertai buku petunjuk bagi guru dan siswa. Hasil validasi kelayakan ahli materi memperoleh hasil 80% kelayakan media menurut ahli media mencapai angka 93%. Hasil tingkat kelayakan media melalui uji coba skala terbatas memperoleh mendapatkan hasil 85% dari guru dan hasil uji coba pada siswa memperoleh hasil 90%. Dari keseluruhan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran CD interaktif subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku ini dikategorikan layak. Media ini sebaiknya digunakan guru sebagai variasi media dalam pembelajaran. media ini dirancang sebagai media individu namun apabila tidak memungkinkan maka dapat digunakan secara klasikal dengan menggunakan LCD proyektor. Materi yang disajikan hanya terbatas pada subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku diharapkan untuk pengembang selanjutnya agar mengembangakan media sejenis dengan materi lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5993

Actions (login required)

View Item View Item