Analisis penguasaan konsep Hukum Newton tentang gerak dan scientific reasoning siswa pada pembelajaran Fisika disertai formative assesment / Rhischa Assabet Shilla - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penguasaan konsep Hukum Newton tentang gerak dan scientific reasoning siswa pada pembelajaran Fisika disertai formative assesment / Rhischa Assabet Shilla

Shilla, Rhischa Assabet (2018) Analisis penguasaan konsep Hukum Newton tentang gerak dan scientific reasoning siswa pada pembelajaran Fisika disertai formative assesment / Rhischa Assabet Shilla. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i abstrak Shilla RhischaAssabet. 2018. Analisis Penguasaan Konsep Hukum Newton Tentang Gerak danScientific ReasoningSiswa Pada PembelajaranFisika disertai Formative Assesment. Tesis Program StudiPendidikanFisikaPascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sentot Kusairi M.Si (II) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si. Kata Kunci Scientific Reasoning Penguasaan Konsep Scientific Approach danFormative Assesment Scientific reasoningmerupakanbagiandariliterasisains yang menjadisyaratbelajarsains agar penguasaankonsepsiswasesuaipemahaman para ilmuan. Akan tetapibanyaksiswamemilikiscientific reasoning yang rendahsehinggasulitmenangkapsuatu ide abstrakkedalamcontoh yang lebihriil. Scientific reasoning yang rendahmenyebabkanbanyaksiswamemilikipenguasaankonsep yang rendahsalahsatunyapadamaterihukum newton. Hukum newton merupakanmaterifisika yang sangatkonseptualdanmendasaribanyakkonsepfisikalainnya. Salah satusolusi yang diprediksidapatmemperbaikiscientific reasoning danpenguasaankonsepsiswaadalahmelaluipembelajaran berbasis scientific approachdisertaiformative assesment.Olehsebabitu tujuanpenelitianiniadalahmenganalisispenguasaankonsepdanscientific reasoningsiswasetelahpembelajaranberbasisscientific approachdisertaiformative assesment. Penelitianinimerupakanpenelitianmixed methoddengandesainembedded experimental. Subjekpenelitianterdiridari 14 siswidan 13 siswakelas X MIPA 1 SMA NegeriMumbulsari. Data penelitiandiperolehmelaluites observasi danwawancara. Instrumenpengukuranscientific reasoningmenggunakanModification Lawson Classroom Test Scientific Reasoning (MLCTSR)dan instrument pengukuranpenguasaankonsephukum newton menggunakantesForce Concept Inventory (FCI). Data kuantitatifdianalisismenggunakanuji-t everage normalized gain daneffect size. Data kualitatifdianalisdengancarareduksi data coding deskripsikemudianinterpretasi. Penguasaankonsephukum newton siswasetelahpembelajaranmenunjukkanbahwasebanyak 23 siswaberadapadakategoripenguasaankonseprendahdan 4 siswaberadapadakategoripenguasaankonsepsedang. Peningkatanskorpenguasaankonsepsebelumdansetelahpembelajaranmasukdalamkate gorirendahdibuktikandengannilai N-gain sebesar 0.14. Siswamengalamikesulitanpadaduaindikatorhukum newton yaituhukum I newton (tanpa gaya)danhukum II newton (gaya konstan). Kesulitansiswadisebabkanbeberapasiswabelummenguasaipengetahuanprasyaratdanb elumbisamengaplikasikan konsep gaya dalam suatu

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59929

Actions (login required)

View Item View Item