Pengaruh pembelajaran multirepresentasi dengan pendekatan tinjauan empiris, teoritis dan animasi terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah pada materi Optika Geometri dan Alat Optik / Zidni Ansori

Ansori, Zidni (2018) Pengaruh pembelajaran multirepresentasi dengan pendekatan tinjauan empiris, teoritis dan animasi terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah pada materi Optika Geometri dan Alat Optik / Zidni Ansori. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ansori, Zidni. 2018. Pengaruh Pembelajaran Multirepresentasi dengan Pendekatan Tinjauan Empiris, Teoritis dan Animasi terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Optika Geometri dan Alat Optik. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Wartono, M.Pd., (2) Prof. Dr. Sutopo, M.Si. Kata Kunci: Multirepresentasi, empiris, teoritis, animasi, penguasaan konsep, kemampuan pemecahan masalah Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran multirepresentasi dengan pendekatan tinjauan empiris, teoritis dan animasi dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Tujuan yang lain adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran multirepresentasi dengan pendekatan tinjauan empiris, teoritis dan animasi terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah. Metode penelitian yang dilakukan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretes-postest control group design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI SMA An-Nur Bululawang tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian diambil dua kelas dari seluruh kelas XI jurusan IPA. Instrumen yang digunakan berupa instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Instrumen perlakuan yang digunakan antara lain silabus, RPP dan LKS, sedangkan instrumen perlakuan yang digunakan antara lain 20 soal pilihan ganda untuk mengukur penguasaan konsep dan 10 soal uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa, serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data untuk menguji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji manova satu jalur. Sebelum melakukan uji manova satu jalur terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang belajar melalui pembelajaran dengan pendekatan tinjauan empiris, teoritis dan animasi dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Hasil ini terlihat dari nilai signifikansi pada uji manova sebesar 0,008< 0,005. Dari hasil analisis data juga diketahui bahwa terdapat pengaruh pembelajaran multirepresentasi dengan pendekatan tinjauan empiris, teoritis dan animasi terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah. Hasil ini bisa dilihat dari nilai rata-rata penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen yaitu 60,1 dan 56, lebih tinggi daripada nilai penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas kontrol yaitu 49,7 dan 42,2. Saran dari peneliti berdasarkan hasil penelitian. Pertama untuk penelitian selanjutnya, disarankan penggunaan animasi ditambah dengan simulasi sehingga siswa menjadi lebih aktif, selain itu penggunaan representasi pada setiap tahapan pembelajaran hendaknya diuraikan secara lebih rinci. Saran lainnya, peneliti bisa menelusuri perubahan cara belajar siswa setelah belajar dengan pembelajaran multirepresentasi dengan pendekatan tinjauan empiris, teoritis dan animasi. Saran bagi guru, hendaknya guru memperhatikan sikap siswa pada setiap tahapan pembelajaran, sehingga semua siswa berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu guru hendaknya memberikan motivasi dengan cara menyajikan video fenomena atau gejala fisik dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa lebih antusias dalam kegiatan pembelajaran. Saran lainnya, pada kegiatan application hendaknya guru memberikan soal-soal multirepresentasi untuk melatih kemampuan representasi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59928

Actions (login required)

View Item View Item