Free-body diagramÔÇÖs dalam pembelajaran learning cycle 7E untuk meningkatkan pengusaan konsep dan pemecahan masalah siswa pada materi Benda Tegar / Firmanilah Kamil

Kamil, Firmanilah (2018) Free-body diagramÔÇÖs dalam pembelajaran learning cycle 7E untuk meningkatkan pengusaan konsep dan pemecahan masalah siswa pada materi Benda Tegar / Firmanilah Kamil. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Kamil, Firmanilah. 2018. Free Body Diagram’s dalam Pembelajaran Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Benda Tegar. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Parno, M.Si., (II) Prof. Dr. Arif Hidayat, M.Si. Kata Kunci: free body diagram, learning cycle 7E, penguasaan konsep, pemecahan masalah, benda tegar Materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar merupakan materi yang sulit pada jenjang SMA sehingga dalam pembelajaran harus didasari dengan kegiatan memecahkan masalah. Siswa akan mampu memecahkan permasalahan dengan baik jika telah memahami konsep-konsep yang berkaitan. Salah satu pembelajaran konstruktivis yang sesuai untuk melatih siswa dalam menguasai konsep dan memecahkan masalah adalah learning cycle 7E. Materi benda tegar merupakan salah satu materi mekanika yang dalam pemecahan masalahnya perlu digambarkan dalam bentuk free body diagram. Pembelajaran learning cycle 7E dengan free body diagram diduga mampu meningkatkan penguasaan konsep dan pemecahan masalah siswa pada materi benda tegar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan pemecahan masalah siswa pada materi benda tegar. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain embedded experimental model. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA SMA Diponegoro Tumpang. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen penelitian berupa tes penguasaan konsep yang terdiri dari 12 soal pilihan ganda, tes kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari 5 soal essay, pedoman wawancara, dan keterlaksanaan pembelajaran. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes penguasaan konsep, tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Teknik analisis data berupa teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif yaitu melalui analisis hasil wawancara, uji t berpasangan, uji effect size dan uji Ngain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran learning cycle 7E memberikan pengaruh terhadap penguasaan konsep dengan nilai &#119905;&#8462;&#119894;&#119905;&#119906;&#119899;&#119892; &#119899;&#119890;&#119892;&#119886;&#119905;&#119894;&#119891; < &#119905;&#119905;&#119886;&#119887;&#119890;&#119897; (-48,922

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59922

Actions (login required)

View Item View Item