Puspita, Wanda Indriana (2018) Interactive demonstration dilengkapi conceptual problem solving untuk meningkatkan penguasaan konsep Fluida Statis dan kemampuan berargumentasi ilmiah siswa SMA / Wanda Indriana Puspita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v RINGKASAN Puspita Wanda Indriana. 2018. Interactive Demonstration dilengkapi Conceptual Problem Solving Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fluida Statis dan Kemampuan Berargumentasi Ilmiah Siswa SMA. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sutopo M.Si (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata Kunci Interactive Demonstration Conceptual Problem Solving Penguasaan Konsep Kemampuan Berargumentasi Ilmiah Fluida Statis Fluida statis merupakan salah satu topik dalam pembelajaran fisika yang kompleks dan mendasar. Penguasaan konsep yang baik dapat membantu siswa dalam memecahkan suatu permasalahan karena penguasaan konsep yang baik mengindikasikan bahwa siswa memahami suatu materi secara utuh dan bermakna. Kemampuan berargumentasi ilmiah siswa juga mempengaruhi peningkatan penguasaan konsep siswa karena argumentasi didasarkan pada penjelasan logis yang diperkuat dengan bukti-bukti maka dari itu kemampuan berargumentasi siswa juga perlu untuk ditingkatkan. Masih saja terdapat siswa yang salah dalam memahami materi fluida statis misalnya tentang gaya apung dan prinsip tekanan. Maka dari itu diperlukan suatu pembelajaran yang mampu meningkatkan penguasaan konsep siswa dan kemampuan berargumentasi ilmiah. Interactive demonstration dilengkapi conceptual problem solving yang diyakini mampu meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berargumentasi ilmiah siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods jenis embedded experimental design dengan subjek penelitian 33 siswa kelas X SMA Negeri 1 Turen. Instrumen tes berupa 18 soal pilihan ganda beralasan untuk mengumpulkan data penguasaan konsep dan kemampuan berargumentasi ilmiah siswa. Data selama pembelajaran juga dikumpulkan sebagai data pendukung. Analisis secara kuantitatif dilakukan berdasarkan data jawaban siswa melalui statistik deskriptif paired sample t-test N-Gain score dan effect size. Analisis kualitatif dilakukan berdasarkan data alasan pada jawaban siswa lembar kerja siswa dan hasil wawancara dengan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran interactive demonstration dilengkapi conceptual problem solving yang telah dilakukan mengalami peningkatan. Penguasaan konsep siswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan oleh pilihan jawaban dan penjelasan yang diberikan siswa. Terdapat peningkatan pola jawaban siswa yang menunjukkan pilihan dan penjelasan yang diberikan dengan tepat setelah memperoleh pembelajaran interactive demonstration dilengkapi conceptual problem solving. Kemampuan berargumentasi ilmiah siswa juga mengalami peningkatan berdasarkan peningkatan level argumentasi yang menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59920 |
Actions (login required)
View Item |