Modeling instruction dengan context rich problem untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMA pada materi usaha energi / Desella Inna Rahmatina - Repositori Universitas Negeri Malang

Modeling instruction dengan context rich problem untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMA pada materi usaha energi / Desella Inna Rahmatina

Rahmatina, Desella Inna (2018) Modeling instruction dengan context rich problem untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMA pada materi usaha energi / Desella Inna Rahmatina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Rahmatina Desella Inna. 2018. Modeling Instruction dengan Context Rich Problem untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Usaha Energi. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sutopo M.Si. (II) Dr. Wartono M.Pd. Kata kunci Modeling Instruction Context Rich Problem Pemahaman Konsep Kemampuan Pemecahan Masalah Usaha-Energi. Kemampuan pemecahan masalah penting dilatihkan pada siswa dalam pembelajaran agar siswa terbiasa menghadapi masalah dalam kehidupan sehari-hari. Faktanya jika dihadapkan pada masalah siswa cenderung kesulitan dalam menyelesaikannya. Kemampuan pemecahan masalah siswa dipengaruhi oleh pemahaman konsep siswa. Agar kemampuan pemecahan masalah kuat pemahaman konsep siswa harus ditingkatkan. Faktanya siswa tidak bisa memahami konsep dengan utuh pemahaman siswa tentang konsep hanya sepotong-sepotong yang menyebabkan siswa tidak bisa membangun konsep dengan benar. Salah satu konsep fisika yang sulit bagi siswa yakni usaha-energi. Oleh karena itu dibutuhkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi usaha-energi yakni dengan pembelajaran konstruktivis salah satunya adalah modeling instruction dengan context rich problem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa serta kesulitan yang dialaminya setelah belajar melalui modeling instruction dengan context rich problem. Penelitian ini menggunakan mix method jenis embedded experimental model. Subyek penelitian yaitu 68 siswa SMA kelas X MIA 7 dan 9 AN-Nur Malang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni tes pemahaman konsep siswa berupa pilihan ganda beralasan sebanyak 14 butir tes kemampuan pemecahan masalah berupa uraian 1 butir lembar observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa meningkat setelah belajar melalui modeling instruction dengan context rich dengan N-gain sebesar 0 694 dan effect size 4 848. Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa yakni dalam hal (1) mengidentifikasi gaya-gaya pada benda yang bergerak di bidang miring (2) menentukan faktor-faktor usaha oleh gaya gravitasi (3) menentukan faktor-faktor usaha oleh gaya pegas (4) rancu menentukan ketinggian benda di bidang miring (5) menentukan kecepatan dan ketinggian di titik maksimum pada benda yang bergerak dengan lintasan parabola. Kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat hal ini dibuktikan dengan nilai N-gain sebesar 0 656 dan effect size 6 358. Belum tercapainya nilai N-gain 1 menunjukkan bahwa penelitian kurang sempurna. Oleh sebab itu perlu ditindak lanjuti dengan penelitian-penelitian lain agar modeling instruction dengan context rich problem dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah secara sempurna.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59919

Actions (login required)

View Item View Item