Hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA dalam model project bazsed learning pada materi Fluida Statis / Wahyu Pramudita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA dalam model project bazsed learning pada materi Fluida Statis / Wahyu Pramudita Sari

Sari, Wahyu Pramudita (2018) Hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA dalam model project bazsed learning pada materi Fluida Statis / Wahyu Pramudita Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sari Wahyu Pramudita. 2018. Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA dalam Model Project Based Learning pada Materi Fluida Statis. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si. (II) Dr. Sentot Kusairi M.Si. Kata kunci hasil belajar keterampilan berpikir kreatif project based learning fluida statis Harapan pada kurikulum 2013 siswa dituntut untuk mampu menerapkan konsep fisika dalam konteks nyata serta aktif bertindak. Siswa harus memiliki keterampilan kreatif inovatif dan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah fisika untuk memaksimalkan hasil belajarnya. Pemahaman konsep fisika yang dalam dan kuat pada diri siswa akan mampu membuat siswa mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dan kualitas hasil belajarnya. Salah satu pembelajaran yang efektif dan inovatif pada kurikulum 2013 adalah Project Based Learning (PjBL). PjBL merupakan model pembelajaran yang diperlukan untuk mendorong siswa mampu menerapkan konsep fisika yang didapatkannya dalam konteks nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah PjBL dan memberikan gambaran hasil belajar serta keterampilan berpikir kreatif siswa SMA dalam model Project Based Learning sebagai salah satu langkah alternatif untuk membudayakan keterampilan berpikir kreatif dan pencapaian hasil belajar mandiri sesuai Standar Isi Kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed-method embedded experimental model dengan subjek penelitian yang terdiri dari 32 siswa kelas X MIPA D2 SMAN 9 Malang. Instrumen penelitian terdiri dari silabus RPP tes keterampilan berpikir kreatif tes hasil belajar lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan laporan proyek. Data kuantitatif dianalisis menggunakan uji beda paired sample t-test uji effect size dan uji N-Gain sedangkan data kualitatif dianalisis melalui reduksi data pengkodean dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat perbedaan yang signifikan (0.000 0.05) hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran model PjBL pada materi fluida statis dengan nilai N-Gain sebesar 0.555615 (kriteria sedang) dan nilai effect size sebesar 0.856473 (moderate effect) (2) Hasil belajar ranah kognitif siswa pada materi fluida statis melalui PjBL mengalami perubahan yang positif dengan peningkatan cukup kuat pada semua aspek kognitif (3) Terdapat perbedaan yang signifikan (0.000 0.05) keterampilan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah pembelajaran model PjBL pada materi fluida statis dengan nilai N-Gain sebesar 0.444015 (kriteria sedang) dan nilai effect size sebesar 0.853892 (moderate effect) (4) Keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi fluida statis melalui PjBL mengalami perubahan yang positif dengan peningkatan cukup kuat yang terlihat pada posttest dan semua kriteria keterampilan berpikir kreatif (elaboration originality fluency dan flexibility) dimana kriteria tertinggi yang dicapai adalah elaboration.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59917

Actions (login required)

View Item View Item