Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi Fluida Dinamis ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas XI SMAN 9 Malang / Adiyat Makrufi

Makrufi, Adiyat (2018) Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi Fluida Dinamis ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas XI SMAN 9 Malang / Adiyat Makrufi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Makrufi Adiyat. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Fluida Dinamis Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas XI SMAN 9 Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si. (II) Dr. Muhardjito M.S. Kata kunci kemampuan awal kemampuan pemecahan masalah fluida dinamis Model Pembelajaran Berbasis Proyek Kemampuan pemecahan masalah siswa memang sangat penting untuk dieksplorasi dan dikembangkan. Kemampuan tersebut akan berguna bagi siswa baik dalam proses pembelajaran di sekolah maupun dalam kehidupannya sehari-hari. Kegiatan proses pembelajaran disekolah dapat dilakukan dengan cara menyelesaikan masalah yang dialami dalam keseharian siswa yang dapat dituangkan dalam tugas proyek dalam pembelajaran fisika. Tugas proyek ini sesuai dengan silabus mata pelajaran fisika kelas XI kurikulum 2013 yaitu KD 3.7 yang berbunyi Menerapkan prinsip fluida dinamis dalam teknologi dan KD 4.7 yang berbunyi Memodifikasi ide/gagasan proyek sederhana yang menerapkan prinsip fluida dinamis. Sehingga Model pembelajaran yang cocok diterapkan pada pembelajaran fisika materi fluida dinamis adalah model pembelajaran berbasis proyek. Selain model pembelajaran kemampuan awal juga perlu dipertimbangkan dalam proses pembelajaran. Kemampuan awal berpengaruh pada proses pembentukan pengetahuan dalam diri siswa. Pemilihan metode yang digunakan yaitu quasi experiment karena tidak semua variabel dikontrol dengan baik dan dipilih secara random (acak). Terdiri dari tiga variabel Model pembelajaran berbasis proyek (bebas) kemampuan pemecahan masalah (terikat) dan kemampuan awal (moderator). Jumlah Sampel sebanyak 180 orang kelas XI MIA SMA Negeri 9 Malang. Kelas terbagi menjadi 2 yaitu kelas model pembelajaran berbasis proyek dan kelas konvensional. Hasil analisis data Anava dua jalur sebagai uji hipotesis yang telah memenuhi uji prasyarat. Hasil penelitian menunjukkan Kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang menggunakan Model pembelajaran berbasis proyek dan konvensional berbeda ditunjukkan dengan siginifikasi kurang dari 0 05 Kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fluida dinamis menggunakan PjBL ditinjau dari kemampuan awal siswa memiliki hubungan siginifikasi kurang dari 0 05 variabel ini memiliki keterkaitan satu sama lain dalam pembelajaran yang dilaksanakan Kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi menggunakan PjBL lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional pada materi fluida dinamis ditunjukkan dengan rerata sebesar (78 4375 42 8438). KPM pada materi fluida dinamis antara siswa yang memiliki kemampuan awal rendah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional ditunjukkan dengan rerata sebesar (68 9375 45 3125).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59916

Actions (login required)

View Item View Item