Program resitasi berbasis contrasting cases dalam meningkatkan penguasaan konsep fisika mahasiswa pada topik kemagnetan / Retno Cahyaningrum

Cahyaningrum, Retno (2018) Program resitasi berbasis contrasting cases dalam meningkatkan penguasaan konsep fisika mahasiswa pada topik kemagnetan / Retno Cahyaningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Cahyaningrum, Retno. 2018. Program Resitasi Berbasis Contrasting Cases dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Mahasiswa pada Topik Kemagnetan. Tesis, Jurusan Pendidikan Fisika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof Arif Hidayat, M.Si (II) Prof. Sutopo, M.Si. Kata kunci: Program Resitasi, Contrasting Cases, Topik Kemagnetan Salah satu tujuan pembelajaran fisika adalah siswa dapat menguasai konsep dasar dengan baik dan dapat menggunakannya dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang lebih kompleks. Banyak peneliti yang mengungkap kesulitan pemecahan masalah akibat pemahaman konsep yang tidak baik. Karena keterbatasan waktu, pengajaran di kelas perkuliahan dirasa tidak cukup membekali mahasiswa untuk menerapkan konsep-konsep yang dipelajari dalam pemecahan masalah. Perlu diberikan tambahan dan pendalaman materi untuk menguatkan penguasaan konsepnya. Melalui penelitian ini dikembangkan program resitasi berupa latihan soal berbasis contrasting cases untuk membantu siswa mengkonstruksi pengetahuannya dengan menemukan ide utama dari berbagai permasalahan yang berbeda (kontras). Fokus tesis ini adalah untuk melaporkan efektivitas program tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah mixed method dengan tipe embended experimental model. Penelitian ini dilakukan pada 23 mahasiswa S-1 pendidikan fisika UM tahun 2018 yang sedang menempuh perkuliahan elektromagnet. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pretest dan posttest yang dianalisis melalui statistik diskriptif, uji beda pretest-posttest, nilai N-gain, dan effect size. Data kualitatif diperoleh dari alasan mahasiswa dalam memilih opsi jawaban pada pretest-posttest, logbook, hasil wawancara dengan beberapa responden terpilih, dan angket kebermanfaatan program. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa skor posttest (𝑥̅=14,913) berbeda dengan skor pretest (𝑥̅=9,304) dengan signifikansi kurang dari 0,05 (𝑡=9,314;𝑝=0,000). Pada output juga ditunjukkan bahwa ada hubungan positif antara pretest dengan posttest dengan koefisien 𝑟=0,434; artinya mahasiswa yang mendapatkan skor pretest tinggi memperoleh skor posttest yang tinggi, dan begitupula sebaliknya bahwa mahasiswa dengan skor pretest rendah memperoleh skor posttest yang rendah. Peningkatan skor pre-post ditunjukkan oleh nilai N-gain (𝑥̅=0,557) dan nilai effect size sebesar 2,283 yang termasuk dalam kategori sangat besar. Secara umum dinyatakan bahwa program resitasi berbasis contrasting cases efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep fisika, karena semua mahasiswa mendapatkan peningkatan pretest-posttest yang sebanding. Berdasarkan nilai posttest diketahui bahwa masih ada butir soal yang memiliki persentase kurang dari 50% sebanyak 2 butir, sehingga dilakukan analisis lebih lanjut terhadap butir soal tersebut. Alasan pada kedua soal tersebut mengindikasikan bahwa terdapat kesulitan, yaitu pada topik gaya magnet pada kawat lurus berarus listrik dan induksi elektromagnetik. Mahasiswa mengalami kesulitan dalam menganalisis gaya magnet pada kawat berarus akibat dari medan magnet yang ditimbulkan oleh kawat berarus lain yang sejajar. Mahasiswa juga mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi faktor atau kondisi yang memungkinkan mengalirnya arus induksi pada loop penghantar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59914

Actions (login required)

View Item View Item