Nuriyah, Rifqiyatun (2018) Eksplorasi perubahan konseptual dan penguasaan konsep hukum Newton dengan experiential learning pada siswa SMAN 1 Kejayan / Rifqiyatun Nuriyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v RINGKASAN Nuriyah Rifqiyatun. 2018. Eksplorasi Perubahan Konseptual dan Penguasaan Konsep Hukum Newton dengan Experiential Learning Pada Siswa SMAN 1 Kejayan. Tesis. Program Magister Pendidikan Fisika. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd (II) Dr. Edi Supriana M.Si. Kata kunci Perubahan Konseptual Penguasaan Konsep Experiential Learning dan Hukum Newton. Penguasaan konsep Hukum Newton merupakan salah satu fokus penelitian dalam pendidikan fisika. Penguasaan konsep yang baik menjadi indikator suatu keberhasilan dalam pembelajaran. Tujuan utama dalam suatu pembelajaran adalah perubahan konseptual ke arah yang lebih bermakna. Oleh karena itu untuk meningkatkan penguasaan konsep dan perubahan konseptual siswa dibutuhkan suatu pembelajaran bermakna yaitu Experiential Learning. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi perubahan konseptual dan penguasaan konsep Hukum Newton setelah diberikan model Experiential Learning dan dampak model Experiential Learning terhadap perubahan konseptual dan penguasaan konsep. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan mixed method jenis Embedded Experimental design. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas X MIA 5 SMAN 1 Kejayan. Instrumen perlakuan menggunakan silabus dan perangkat pembelajaran. Instrumen pengukuran menggunakan tes penguasaan konsep kuis observasi panduan wawancara dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan meliputi teknik anlisis penguasaan konsep yang dicoding dalam skala 0-4 dan menggunakan N-gain untuk mengetahui peningkatannya teknik analisis perubahan konseptual dengan melihat pergeseran konsepsi setiap siswa sebelum pembelajaran ke setelah pembelajaran dan teknik analisis dampak Experiential Learning terhadap penguasaan konsep dan perubahan konseptual menggunakan d-effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa sebelum menggunakan model Experiential Learning masuk pada kategori miskonsepsi dan tidak paham konsep. Setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model Experiential Learning banyak siswa yang masuk pada kategori paham konsep. Peningkatan penguasaan konsep siswa ini juga ditunjukkan oleh hasil N-gain yang diperoleh yaitu sebesar 0 74. Perubahan konseptual siswa ditunjukkan dengan berkurangnya siswa yang mengalami miskonsepsi dan tidak paham konsep setelah menggunakan pembelajaran Experiential Learning. Oleh karena itu penerapan model Experiential Learning berdampak terhadap penguasaan konsep siswa dan perubahan konseptual siswa. Saran dari penelitian ini adalah diharapkan lebih menggali lagi penguasaan konsep Hukum Newton terutama penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan makna konsep Hukum Newton lebih menekankan pada pembelajaran penerapan Hukum II Newton dan menggali penyebab-penyebab siswa mengalami kesulitan pada materi ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59913 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |