Penguasaan konsep dan literasi saintifik untuk materi fluida statis siswa kelas XI MIA3 SMAN 8 Muaro Jambi pada pembelajaran STEM berbasis masalah / Lestari Widodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penguasaan konsep dan literasi saintifik untuk materi fluida statis siswa kelas XI MIA3 SMAN 8 Muaro Jambi pada pembelajaran STEM berbasis masalah / Lestari Widodo

Widodo, Lestari (2018) Penguasaan konsep dan literasi saintifik untuk materi fluida statis siswa kelas XI MIA3 SMAN 8 Muaro Jambi pada pembelajaran STEM berbasis masalah / Lestari Widodo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Widodo Lestari. 2018. Penguasaan Konsep dan Literasi Saintifik untuk Materi Fluida Statis Siswa Kelas XI MIA3 SMAN 8 Muaro Jambi pada Pembelajaran STEM Berbasis Masalah. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd (II) Dr. Parno M.Si. Kata Kunci literasi saintifik penguasaan konsep STEM berbasis masalah fluida statis Fluida statis merupakan salah satu aspek yang sangat erat dengan kehidupan sehari-hari Materi ini mengajarkan siswa untuk berpikir menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan konsep dan teori yang relevan. Salah satu tujuan pembelajaran fisika ialah siswa menguasai konsep fisika. Selain itu siswa diharapkan memiliki kebiasaan mengaplikasikan science yang lebih dikenal dengan literasi saintifik. Permasalahan penguasaan konsep dan literasi saintifik diatasi dengan pendekatan STEM. Hal ini dikarenakan solusi yang pernah diterapkan belum sesuai dengan karakteristik materi fluida. Berbagai aktivitas dalam program STEM berpusat pada keterlibatan siswa dalam mendefinisikan dan merumuskan sebuah solusi terhadap masalah autentik dalam dunia nyata. Model pembelajaran yang menggunakan masalah dalam kehidupan nyata lebih dikenal dengan Problem Based Learning (PBL). Dengan demikian pembelajaran yang diterapkan ialah STEM berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian Mixed Method dengan desain embedded experimental. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA3 SMAN 8 Muaro Jambi. Instrumen penelitian terdiri atas instrumen pembelajaran dan instrumen pengukuran. Instrumen pembelajaran meliputi silabus rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) lembar kerja siswa (LKS) lembar observasi. Instrumen pengukuran meliputi Tes Penguasaan Konsep dengan reliabel Cronbach alpha 0 65 Tes Literasi Saintifik dengan reliabel Cronbach alpha 0 73 Lembar observasi dan wawancara. Data dikumpulkan melalui tes wawancara dan observasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan uji statistik yaitu paired sample t-test N-gain Effect size. Paired sample t-test untuk mengetahui perbedaan antara skor pre-test dan post-test. N-gain untuk menentukan peningkatan pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa meningkat. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh nilai rata-rata post-test lebih tinggi secara signifikan daripada nilai pre-test. Penguasaan konsep siswa dapat dikelompokkan menjadi 5 level yaitu tidak paham miskonsepsi miskonsepsi sebagian paham sebagian dan paham konsep. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi saintifik siswa meningkat secara signifikan . Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh nilai rata-rata post-test lebih tinggi daripada nilai pre-test. Literasi saintifik siswa dikelompokkan menjadi 7 level yaitu 1b 1a 2 3 4 5 6. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa STEM berbasis masalah memiliki pengaruh baik terhadap penguasaan konsep maupun literasi saintifik. Kekuatan pengaruh ditunjukkan oleh nilai effect size yang menunjukkan pengaruh yang tergolong tinggi baik terhadap penguasaan konsep maupun literasi saintifik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59912

Actions (login required)

View Item View Item