Pengaruh thinking maps pada pembelajaran guided inquiry lab terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa materi fluida statis di SMA Negeri 3 Kediri / Utari Dwi Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh thinking maps pada pembelajaran guided inquiry lab terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa materi fluida statis di SMA Negeri 3 Kediri / Utari Dwi Putri

Putri, Utari Dwi (2018) Pengaruh thinking maps pada pembelajaran guided inquiry lab terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa materi fluida statis di SMA Negeri 3 Kediri / Utari Dwi Putri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Putri Utari Dwi. 2018. Pengaruh Thinking Maps Pada Pembelajaran Guided Inquiry Lab Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Fluida Statis di SMA Negeri 3 Kediri. Tesis Jurusan Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Parno M.Si. (2) Dr. Edi Supriana M.Si. Kata Kunci thinking maps guided inquiry lab penguasaan konsep kemampuan berpikir kritis siswa fluida statis Materi fluida statis merupakan salah satu materi yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mempelajari fluida statis siswa diharapkan berpikir menemukan solusi dan memecahkan masalah berdasarkan teori dan konsep. Namun beberapa penelitian menemukan masih banyak siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari materi fluida statis. Kesulitan tersebut disebabkan karena siswa kurang dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu materi yang abstrak berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa. Rendahnya penguasaan konsep siswa mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan thinking maps pada pembelajaran guided inquiry lab dan siswa yang belajar dengan guided inquiry lab serta untuk mengetahui pengaruh thinking maps pada pembelajaran guided inquiry lab. Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment dengan rancangan penelitian pretest posttest control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah cluster sampling dan dipilih dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan thinking maps pada pembelajaran guided inquiry lab dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran guided inquiry lab. Instrumen tes penguasaan konsep berjumlah 10 soal pilihan ganda dengan reliabilitas 0 67 dan tes kemampuan berpikir kritis berjumlah 5 soal uraian dengan reliabilitas 0 71. Analisis data menggunakan uji manova satu jalur dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan antara penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan thinking maps pada guided inquiry lab dan siswa yang belajar dengan guided inquiry lab. Hal ini dilihat dari nilai signifikansi yang diperoleh 0 02 0 05. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat pengaruh thinking maps pada pembelajaran guided inquiry lab yang dilihat dari nilai rata-rata. Saran dari penelitian adalah agar lebih memaksimalkan penggunaan thinking maps pada pembelajaran guided inquiry lab pada saat diskusi kelompok serta mengarahkan siswa agar dalam memilih thinking maps tidak hanya fokus pada satu jenis thinking maps yang sama dengan siswa yang lain. Dalam penerapannya perlu memperhatikan pembagian waktu karena pembelajaran ini membutuhkan waktu yang lama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59910

Actions (login required)

View Item View Item