Pengembangan media pembelajaran CD interaktif subtema Komponen Ekosistem di kelas V SDN Sawojajar 2 Malang semester 2 / Rachmad Dhedy Prasetya

Prasetya, Rachmad Dhedy (2015) Pengembangan media pembelajaran CD interaktif subtema Komponen Ekosistem di kelas V SDN Sawojajar 2 Malang semester 2 / Rachmad Dhedy Prasetya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetya, RachmadDhedy. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Sub TemaKomponenEkosistem Di Kelas V SDN Sawojajar 2 Malang Semester 2. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru Agus Triwidjaja, M.Pd (II) Drs. GoenawanRoebyanto, M.Pd. Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran CD interaktif, subtema komponenekosistem Berdasarkan hasil wawancara pada wali kelas V SDN Sawojajar 2 didapatkan informasi bahwa siswa lebih tertarik pada pembelajaran yang menarik perhatian atau lebih aktif jika mereka melakukan kegiatan yang baru, misalnya media yang digunakan baru mereka lihat dan media tersebut memiliki bentuk yang unik dan tidak biasanya. Sedangkan guru hanya berpacu dari buku siswa dan buku guru yang dimilikinya dalam pembelajaran. Laboratorium komputer digunakanpada matapelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Berdasarkan hasil temuan observasi perlu adanyapengembangan media pembelajaran CD interaktif pada pembelajaran subtema komponenekosistemagar pembelajaran lebih tercapaimaksimal. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa mediapembelajaran CD interaktif untuk subtema ÔÇ£KomponenEkosistemÔÇØ yang layak menurut tenaga ahli materi, ahli media, ahli lapangan (guru), dan siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall (dalam Sugiono 2014:409) yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) mengidentifikasi potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk akhir. Hasil validasiproduk oleh ahli media, produk mendapatkan kriteria layak dengan persentase 83,93%. Hasil validasiproduk oleh ahli materi, produk mendapatkan kriteria layak dengan persentase 94,44%. Hasil validasiproduk oleh ahli lapangan (guru), produk mendapatkan kriteria layak dengan persentase 95%. Berdasarkan uji coba pemakaian oleh kelompok kecil (siswa), produk mendapatkan kriteria layak dengan persentase 93,12%. Media pembelajaran CD interaktif subtemakomponenekosistemmendapatkriterialayakdandapatdigunakanpada proses pembelajaran di sekolahdasar. Media pembelajaran CD interaktifsebagai media yang murahdanefektifdalammenyampaikanmateri yang abstrakdanmampumenarikperhatiansiswauntukmengikutipembelajarandenganmenyenangkandanmendapatkanhasil yang maksimal.  

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5991

Actions (login required)

View Item View Item