Rafiah, Dian (2018) Pengaruh learning cycle 7E disertai link map terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Fluida Statis SMA / Dian Rafiah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v RINGKASAN Rafiah Dian. 2016. Pengaruh Learning cycle 7e disertai Link map terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Fluida Statis SMA. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Parno M.Si. (II) Dr. Ahmad Taufiq M.Pd. Kata Kunci Learning cycle 7e Link map Penguasaan Konsep Kemampuan Pemecahan Masalah Fluida Statis Salah satu materi fisika yang terdiri dari pengetahuan konseptual dan prosedural yang relevan dengan kehidupan sehari-hari adalah fluida statis. Beberapa penelitian menunjukkan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran fluida statis. Kesulitan yang terjadi pada materi fluida statis ini diakibatkan oleh kurangnya penguasaan konsep fluida statis. Kurangnya penguasaan konsep siswa akan berpengaruh kepada kemampuan pemecahan masalah siswa. Untuk itu dibutuhkan pembelajaran yang dapat meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa. pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik materi fluida statis yang terdiri dari pengajaran konseptual dan prosedural. Salah satu model pembelajaran yang meliputi pengajaran konseptual dan prosedural adalah learning cycle 7e. Untuk mengoptimalkan setiap fase pada learning cycle 7e maka dibutuhkan bantuan belajar berupa link map. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group. Populasi untuk penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil dengan teknik pengambilan sampel adalah teknik cluster random sampling dan dipilih dua kelas yang terdiri dari satu kelas eksperimen yaitu kelas XI IA 1 dan satu kelas kontrol yaitu kelas XI IA 4. Instrumen tes berupa 10 soal pilihan ganda untuk mengukur penguasaan konsep dan 5 butir soal uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji manova satu jalur untuk mengetahui pengaruh learning cycle 7e disertai link map terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah dan analisis korelasi untuk mengetahui hubungan antara penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang belajar dengan learning cycle 7e disertai link map dan learning cycle 7e. Berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh penguasaan konsep siswa dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fluida statis lebih baik yang dibelajarkan dengan model learning cycle 7e disertai link map dari pada yang dibelajarkan dengan model learning cycle 7e. Hasil penelitian juga menunjukkan hubungan antara penguasaan konsep siswa dengan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fluida statis. Semakin baik penguasaan konsep siswa maka semakin baik pula kemampuan pemecahan masalah siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59908 |
Actions (login required)
View Item |