Analisis pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui pendekatan Conceptual Problem Solving (CPS) pada materi termodinamika di SMA / Dewi Nur Azizah

Azizah, Dewi Nur (2018) Analisis pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui pendekatan Conceptual Problem Solving (CPS) pada materi termodinamika di SMA / Dewi Nur Azizah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii RINGKASAN Azizah, Dewi Nur. 2018. Analisis Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Pendekatan Conceptual Problem Solving (CPS) pada Materi Termodinamika di SMA. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sutopo, M.Si (II) Dr. Siti Zulaikah, S.Pd, M.Si. Kata kunci: pemahaman konsep, kemampuan pemecahan masalah, pendekatan conceptual problem solving, termodinamika. Pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah merupakan aspek penting di pembelajaran fisika. Siswa perlu memahami konsep dengan mendalam danbenar saat memecahkan masalah. Pendekatan conceptual problem solvingmembimbing siswa untuk mengidentifikasi prinsip yang tepat, menjustifikasi prinsip tersebut, dan merencanakan prosedur saat memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi termodinamika melalui pendekatan conceptual problem solving. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan desain embedded experimental dengan suyek penelitian 32 siswa kelas XI MIPA pada semester genap pada tahun ajaran 2017/2018. Data hasil penelitian ini berupa data kualitatif berdasarkan hasil pengamatan pemecahan masalah dan hasil wawancara. Data kuantitatif berupa skor pretest dan skor posttest untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test, effect size, dan normalized gain score. Hasil penelitian diperoleh bahwa pemahaman konsep siswa meningkat dengan effect size sebesar 1,2 dan N-gain sebesar 0,27. Pemahaman konsepsiswa meningkat berdasarkan jumlah siswa yang memilih jawaban benar dan jumlah siswa yang mampu memberikan alasan benar saat posttest.Kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dengan effect size sebesar 2,6dan N-gain sebesar 0,36. Kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat berdasarkan bagaimana siswa membuat deskripsi yang berguna, menggunakan prinsip yang tepat untuk memecahkan masalah, sehingga siswa mampu menerapkan persamaan fisika dengan benar untuk menghasilkan solusi masalah. viii SUMMARY Azizah, Dewi Nur. 2018. Analysisof StudentÔÇÖs Conceptual Understanding and Problem Solving Skills through Conceptual Problem Solving (CPS) on Thermodynamics at Senior High School. Thesis. Postgraduate Program of Physics Education. Universitas Negeri Malang. Advisors: (I) Prof. Dr. Sutopo, M.Si. (II) Dr. Siti Zulaikah, S.Pd, M.Si. Key words: conceptual understanding, problem solving skills, conceptual problem solving approach, thermodynamics. Conceptual understanding and problem solving skills is an important aspect in physics learning. Students required deeply conceptual understanding and correctwhen problem solving. Conceptual problem solvingapproach guides students to indentify principle, justify, and plan procedure when problem solving. This study aims to determine studentÔÇÖs conceptual understanding and problem solving skills on thermodynamics through conceptual problem solving approach This study used a mixed methods with embedded experimental design with research subject consisted of 32 students of grade XI MIPA high school, in the second semester of the 2017/2018 academic year. The data of the research were qualitative data in the form of problem solving skills observer and interview. Quantitative data in the form of pretest and posttest score to see the improvement of studentÔÇÖs conceptual understanding and problem solving skills. Analysis of quantitatives data used paired sample t-test, normalized gain score, and effect size. StudentÔÇÖs conceptual understanding increase with the effect size of 1,2 and the N-gain of 0,27. StudentÔÇÖs conceptual understanding improve based the number of students who chose the right answer andthe number of students who were able to give the right reason for posttest.StudentÔÇÖs problem solving skills increase with the effect size of 2,6 and the N-gain of 0,36. Problem solving skills improve based how students make useful descriptions, using appropriate principles to solve problems, so that students are able to apply physics equations correctly to produce problem solutions.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59907

Actions (login required)

View Item View Item