Analisis kreativitas dan penguasaan konsep elektromagnetik peserta didik SMKN 2 Singosari pada project based learning / Wahyu Ari Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kreativitas dan penguasaan konsep elektromagnetik peserta didik SMKN 2 Singosari pada project based learning / Wahyu Ari Wijaya

Wijaya, Wahyu Ari (2017) Analisis kreativitas dan penguasaan konsep elektromagnetik peserta didik SMKN 2 Singosari pada project based learning / Wahyu Ari Wijaya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijaya Wahyu Ari. 2017. Analisis Kreativitas dan Penguasaan Konsep Elektromagnetik Peserta Didik SMKN 2 Singosari Project Based Learning. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si (2) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata kunci kreativitas penguasaan konsep elektromagnetik project based learning Sekolah Menengah Kejuruan menyiapkan peserta didik dalam dua hal yaitu memasuki dunia kerja dengan kreativitas tinggi sesuai kompetensi keterampilan dan atau melanjutkan ke jenjang lebih tinggi dengan penguasaan konsep yang baik dalam kompetensi pengetahuan. Guna menyiapkan dua hal tersebut pembelajaran melalui proyek merupakan strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas dan penguasaan konsep dari peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas peserta didik dan penguasaan konsep elektromagnetik pada Project Based Learning serta mengetahui hubungan kreativitas peserta didik terhadap penguasaan konsep elektromagnetik di SMKN 2 Singosari. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Mixed Methods dengan model Embedded experimental. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI Mekatronika SMKN 2 Singosari berjumlah 29 orang. Instrumen pengumpulan data terdiri atas lembar penilaian kreativitas pada hasil proyek tes penguasaan konsep elektromagnetik. Uji-t berpasangan digunakan untuk mengetahui perbedaan sebelum dan setelah perlakuan Project Based Learning dilanjutkan perhitungan N-Gain score dan effect size untuk mengetahui besar peningkatannya. Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa SMKN 2 Singosari. Perhitungan N-Gain score menunjukkan perlakuan dapat meningkatkan kreativitas peserta didik dalam kriteria sedang. Perhitungan effect size memberikan informasi ukuran efek perlakuan terhadap peningkatan kreativitas siswa besar. Project Based Learning dapat meningkatkan penguasaan konsep elektromagnetik peserta didik SMKN 2 Singosari. Perhitungan N-Gain score menunjukkan perlakuan dapat meningkatkan penguasaan konsep elektromagnetik dalam kriteria sedang. Perhitungan effect size memberikan informasi ukuran efek perlakuan terhadap peningkatan penguasaan konsep elektromagnetik kriteria besar. Hubungan antara Kreativitas peserta didik dengan Penguasaan konsep elektromagnetik setelah perlakuan Project Based Learning pada peserta didik SMKN 2 Singosari menunjukkan hubungan yang positif artinya semakin tinggi nilai kreativitas maka akan semakin tinggi nilai penguasaan konsep dari peserta didik. ABSTRACT Wijaya Wahyu Ari. 2017. Analysis of Creativity and Acquisition of Electromagnetic Concept Student of SMKN 2 Singosari in Project Based Learning. Thesis Physics Education Study Program Graduar School Universitas Negeri Malang Counselor (1) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si (2) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Keywords creativity concept acquisition electromagnetic project based learning Vocational High School prepares students in two ways entering the world of work with high creativity from competence of skills and or continuing to the higher level with the acquisition of concept is good from competence of knowledge. To prepare the two things learning with the project is a learning strategy that can be used to enhance the creativity and the acquisition of concepts of learners. This study aims to determine the creativity of learners and the acquisition of electromagnetic concept in Project Based Learning and know the relationship between creativity of learners to the acquisition of electromagnetic concept at SMKN 2 Singosari. This research used a Mixed Methods with Embedded experimental model. The subjects were 29 students of XI grade of Mechatronics SMKN 2 Singosari. The data collection instrument consists of a creativity assessment sheet on project outcomes and electromagnetic concept acquisition test. The paired t-test is used to know the difference before and after the treatment of Project Based Learning followed by N-Gain and effect size calculation to know the increase. The result showed that Project Based Learning can enhance the creativity of students. N-Gain score show that intervention can enhance the creativity of learners in the medium criterion. The effect size calculation provides information on the effect size of the intervention on the creativity improvement of learners of the large criteria. Project Based Learning can enhance the acquisition of electromagnetic concept of students of SMKN 2 Singosari. N-Gain score show that intervention can enhance the acquisition of electromagnetic concepts of medium criterion. The effect size calculation provides information on the effect size of the intervention on increasing the acquisition of elektromagnetic concept of large criteria. The relationship between the Creativity of learners with the acquisition of electromagnetic concept after the intervention of Project Based Learning on the students SMKN 2 Singosari showed a positive relationship meaning that the higher the value of creativity will be the higher the acquisition of concept of the learners.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59899

Actions (login required)

View Item View Item