Konsepsi alternatif siswa pada materi dinamika gerak lurus melalui strategi Podew dengan analogi di SMA Negeri 1 Pademawu / Taufik Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Konsepsi alternatif siswa pada materi dinamika gerak lurus melalui strategi Podew dengan analogi di SMA Negeri 1 Pademawu / Taufik Hidayat

Hidayat, Taufik (2017) Konsepsi alternatif siswa pada materi dinamika gerak lurus melalui strategi Podew dengan analogi di SMA Negeri 1 Pademawu / Taufik Hidayat. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayat Taufik. 2017. Konsepsi Alternatif Siswa pada Materi Dinamika Gerak Lurus Melalui Strategi PODEW dengan Analogi Di SMA Negeri 1 Pademawu. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Markus Diantoro M.Si (2) Dr. Supriyono Koes H M.Pd MA. Kata Kunci konsepsi alternatif strategi PODEW analogi dinamika gerak lurus. Konsepsi alternatif yang dimiliki siswa sulit diubah walaupun sudah menerima pembelajaran karena tidak memberikan siswa sebuah tantangan untuk menguji. Strategi PODEW dengan analogi memfasilitasi dan mendorong siswa untuk menguji pengetahuan yang sudah dimiliki sebelumnya. Perubahan yang mendasar pada struktur kognitif siswa mendorong konsepsi alternatif berubah menjadi pengetahuan ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsepsi alternatif siswa setelah menggunakan strategi PODEW dengan analogi dalam pembelajarannya. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method follow-up explanations model. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA-1 sebanyak 30 siswa dan siswa kelas X IPA-2 sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian terdiri atas soal pretest-posttest yang berbentuk three-tier essay test item dan open-ended test item. Untuk menguji signifikansi perbedaan konsepsi alternatif siswa menggunakan Ancova dilanjutkan dengan perhitungan N-Gain dan effect size untuk mengetahui penurunan konsepsi alternatif siswa. Temuan pada hasil kuantitatif ditindaklanjuti dengan wawancara kepada siswa yang terpilih untuk menjelaskan hasil kualitatif. Hasil uji Ancova menunjukkan angka siginifikansi antar kelas sebesar 0 009 0 05 sehingga ada perbedaan konsepsi alternatif siswa antara kelompok siswa yang belajar melalui strategi PODEW dengan analogi dan siswa yang belajar melalui strategi PODEW tanpa analogi. Skor N-Gain sebesar 0 64 pada kelas eksperimen dan 0 48 pada kelas kontrol dengan level penurunan kategori sedang. Besar effect size pada kelas eksperimen 4 53 sedangkan pada kelas kontrol 3 52 yang menunjukkan kekuatan perbedaan lebih besar pada kelas yang menggunakan strategi PODEW dengan analogi. Perubahan jumlah siswa yang memiliki konsepsi alternatif menjadi pengetahuan ilmiah atau pemahaman lengkap lebih banyak pada kelas eksperimen tetapi ada temuan siswa yang berubah sebaliknya. Sebagian besar siswa sudah meyakini bahwa gaya bukan penyebab gerak tetapi perubahan gerak dan pemahaman tentang besar gaya pada hukum III Newton sama besar dan tidak dipengaruhi oleh massa dan kecepatan benda. Siswa juga sudah mampu membedakan antara Hukum I Newton dengan resultan gaya sama dengan nol yang merupakan penerapan hukum II Newton pada saat percepatan nol. Selain itu siswa sudah terampil dalam menyelesaikan masalah gaya gesek statis dan kinetis dalam berbagai keadaan menggunakan hukum II Newton. Akhirnya usaha memperbaiki konsepsi alternatif sudah banyak dilakukan namun belum sepenuhnya dapat memperbaiki pengetahuan siswa. ABSTRACT Hidayat Taufik. 2017. Student Alternative Conceptions on Dynamics of Linier Motion through PODEW Strategy with Analogy In SMA Negeri 1 Pademawu. Physics Education Program Graduate School Universitas Negeri Malang. Supervisors (1) Dr. Markus Diantoro M.Si (2) Dr. Supriyono Koes H M.Pd MA. Keywords alternative conception PODEW strategy analogy dynamics of linier motion. Students alternative conceptions are difficult to change although students had taken learning in class which may not give students an opportunity to examine. The PODEW strategy with analogy facilitates and encourages student s prior knowlwdge. Fundamental change of students cognitive structure encourages their alternative conceptions change to scientific knowledge. The goal of this study is to examine how PODEW strategy with analogy influence student s alternative conceptions. This study use mixed method of folow-up explanations model. The subjects are 30 students of X IPA-1 grade and 30 students of X IPA-2 grade. The research instrument consists of pretest-posttest questions in the form of three-tier essay test items and open-ended test items. Pretest and posttest conducted to examine the significance of differences in students alternative conceptions using ancova followed by N-Gain analysis and effect size to know decreasing of students alternative conceptions. The findings in quantitative followed by interview with selected students to explain qualitative results. The result of ancova test shows the significance level between classes is 0.009 0.05 so that there is a difference in students alternative conceptions between groups of students learning through PODEW strategy with analogy and PODEW strategy without analogy. N-gain scores are 0.64 for experimental group and 0.48 for control group. Effect Sizes are 4.53 for experimental group and 3.52 for control group. Both of scores are medium category and very strong level of differences. So Decreased students alternative conceptions in experimental group better than control group. The number of student alternative conceptions change to scientific conceptions in experimental group more than control group but there are contrary findings. Most of students have been convinced that force is not the cause of motion but the change of motion and magnitude of force in the Newton s III law is as great as not being influenced by the mass and velocity of the object. Students are able to distinguish Newton s first law with zero net force which is the application of Newton s second law at zero acceleration. . In the other hand students have been skilled in solving the static and kinetic frictional problem in various circumstances using Newton s II law. Finally efforts to repair students alternative have been widely practiced but not fully able to improve students knowledge yet.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59897

Actions (login required)

View Item View Item