Pengembangan modul fisika kontekstual untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa SMK Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan / Eva Leona Agustin

Agustin, Eva Leona (2017) Pengembangan modul fisika kontekstual untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa SMK Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan / Eva Leona Agustin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustin, Eva Leona. 2017. Pengembangan Modul Fisika Kontekstual untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Supriyono Koes H., M.Pd, M.A., (2) Dr. Muhardjito, M.S. Kata Kunci: modul fisika kontekstual, prestasi belajar, teknik kendaraan ringan Bahan ajar sebagai sarana pendukung pembelajaran dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Melalui penyediaan bahan ajar yang tepat prestasi belajar siswa meningkat. Bahan ajar yang dibutuhkan siswa SMK adalah modul yang membahas permasalahan yang berkaitan dengan paket keahlian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas dan keterlaksanaan penggunaan modul fisika kontekstual untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMK paket keahlian TKR. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang mengacu pada desain penelitian dan pengembangan model ADDIE (Analyze ÔÇô Design ÔÇô Develop - Implementation ÔÇô Evaluate). Identifikasi masalah, pengumpulan data pendukung dan studi literatur dilakukan pada tahap analisis. Penetapan tujuan pembelajaran dan penetapan kerangka pengembangan modul dilakukan pada tahap desain. Validasi ahli, penilaian dari guru fisika, serta penilaian keterbacaan dan kemenarikan bahan ajar oleh siswa SMK sekaligus revisi produk awal dilakukan pada tahap pengembangan. Tahap implementasi menggunakan desain pretes - posttest control group design, melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing terdiri siswa paket keahlian TKR. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kovarian (anakova). Produk yang dihasilkan adalah modul fisika kontekstual. Hasil uji validitas oleh para ahli, uji kelayakan, dan uji keterbacaan oleh guru dan siswa menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan cukup valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan nilai prestasi belajar setelah pembelajaran menggunakan modul diperoleh 97,14% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal sehingga dikatakan modul hasil pengembangan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Kelebihan modul adalah materi yang dibahas sesuai dengan karakteristik paket keahlian sehingga seolah-olah siswa membaca buku mata pelajaran keahlian yang disukai, Kekurangan produk adalah tidak semua kegiatan dalam bahan ajar dapat dilakukan karena harus disesuaikan dengan sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Hasil analisis terhadap nilai prestasi belajar siswa menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil ini terlihat dari nilai Fhitung = 66,926 pada taraf signifikansi 0,000<0,05 sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan mengendalikan nilai pretes. Dengan demikian modul fisika kontekstual meningkatkan prestasi belajar dengan sumbangan sebesar 51,5 %. ABSTRACT Agustin, Eva Leona. 2017. Development of Contextual Physics Module to Improve Student Physics Learning Achievement SMK Package of Light Vehicle Engineering Skill. Thesis. Physics Education Study Program, Postgraduated, State University of Malang. Counselor (1) Dr. Supriyono Koes H., M.Pd, MA, (2) Dr. Muhardjito, M.S. Keywords: contextual physics module, learning achievement, light vehicle engineering Teaching materials as a means of supporting learning can affect student achievement. Through the provision of appropriate teaching materials the students' learning achievement increases. The teaching materials required by the vocational school students are modules that address issues related to the student skill set. This study aims to examine the validity and implementation of the use of contextual physics module to improve student learning achievement of SMK package of TKR skill. This research is a type of research and development that refers to the design of research and development model of ADDIE (Analyze - Design - Develop - Implementation - Evaluate). Problem identification, supporting data collection and literature study were conducted at the analysis phase. Determination of learning objectives and the establishment of a module development framework is undertaken at the design stage. Expert validation, physics teacher appraisal, and assessment of readability and attractiveness of teaching materials by vocational students as well as initial product revisions are done at the development stage. Implementation stage uses pretest design - posttest control group design, involving experiment class and control class which each consist of student skill pack TKR. Data collection techniques used questionnaires and tests. Data analysis technique using covariance analysis (anakova) to student achievement data. The resulting product is a contextual physics module. The result of validity test by experts, feasibility test, and test of legibility by teacher and student indicates that the module developed is valid and feasible to be used in learning. Based on the value of learning achievement after the learning using the module obtained 97.14% of students achieve the minimum mastery criteria so that it is said the module of effective development results to improve student achievement. Excess module is the material discussed in accordance with the characteristics of the skill package so as if students read the book the preferred subjects expertise, The lack of products is not all activities in teaching materials can be done because it must be adapted to the existing facilities and infrastructure in the school. The results of the analysis of student achievement score shows there is a significant difference between the students' learning achievement of the experimental class and the control class. This result is seen from the value of Fcount = 66,926 at significance level 0,000 <0,05 so it is concluded that there is difference of postes value between experiment class and control class by controlling pretest value. Thus the contextual physics module improves learning achievement with donation of 51.5%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59896

Actions (login required)

View Item View Item