Agustin, Eva Leona (2017) Pengembangan modul fisika kontekstual untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa SMK Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan / Eva Leona Agustin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Agustin Eva Leona. 2017. Pengembangan Modul Fisika Kontekstual untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Supriyono Koes H. M.Pd M.A. (2) Dr. Muhardjito M.S. Kata Kunci modul fisika kontekstual prestasi belajar teknik kendaraan ringan Bahan ajar sebagai sarana pendukung pembelajaran dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Melalui penyediaan bahan ajar yang tepat prestasi belajar siswa meningkat. Bahan ajar yang dibutuhkan siswa SMK adalah modul yang membahas permasalahan yang berkaitan dengan paket keahlian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas dan keterlaksanaan penggunaan modul fisika kontekstual untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMK paket keahlian TKR. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang mengacu pada desain penelitian dan pengembangan model ADDIE (Analyze Design Develop - Implementation Evaluate). Identifikasi masalah pengumpulan data pendukung dan studi literatur dilakukan pada tahap analisis. Penetapan tujuan pembelajaran dan penetapan kerangka pengembangan modul dilakukan pada tahap desain. Validasi ahli penilaian dari guru fisika serta penilaian keterbacaan dan kemenarikan bahan ajar oleh siswa SMK sekaligus revisi produk awal dilakukan pada tahap pengembangan. Tahap implementasi menggunakan desain pretes - posttest control group design melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing terdiri siswa paket keahlian TKR. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kovarian (anakova). Produk yang dihasilkan adalah modul fisika kontekstual. Hasil uji validitas oleh para ahli uji kelayakan dan uji keterbacaan oleh guru dan siswa menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan cukup valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan nilai prestasi belajar setelah pembelajaran menggunakan modul diperoleh 97 14% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal sehingga dikatakan modul hasil pengembangan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Kelebihan modul adalah materi yang dibahas sesuai dengan karakteristik paket keahlian sehingga seolah-olah siswa membaca buku mata pelajaran keahlian yang disukai Kekurangan produk adalah tidak semua kegiatan dalam bahan ajar dapat dilakukan karena harus disesuaikan dengan sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Hasil analisis terhadap nilai prestasi belajar siswa menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil ini terlihat dari nilai Fhitung 66 926 pada taraf signifikansi 0 000
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59896 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |