Pertiwi, Nani (2017) Contrasting Cases (CC) dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan penguasaan konsep fluida dinamik / Nani Pertiwi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pertiwi Nani 2017. Contrasting Cases (CC) dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fluida Dinamik. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si (II) Dr. Wartono M.Pd. Kata Kunci STAD contrasting cases (CC) penguasaan konsep fluida dinamik Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep yang dimiliki siswa masih tergolong rendah oleh karena itu masih banyak peneliti yang melakukan penelitian untuk membantu siswa mengatasi kesulitan penguasaan konsep yang terjadi. Student Teams Achievement division (STAD) merupakan model pembelajaran kooperatif yang dapat membantu siswa mengatasi kesulitan-kesulitan dalam memahami dan membantu siswa memecahkan masalah kompleks melalui diskusi kelompok. Peran STAD dapat ditingkatkan dengan dipadu bersama Contrasting Cases (CC). CC merupakan kasus kontras pada suatu konsep fisika yang menjadi dasar untuk membuat instrumen dengan pola yang sejenis. Melalui kasus-kasus kontras siswa akan memahami secara mendalam konsep tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan penguasaan konsep siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan CC dan mengetahui kesulitan-kesulitan pada submateri apa yang masih dialami siswa setelah pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan CC. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed-method research desain embedded experimental model. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang dengan subyek penelitian siswa kelas XI MIA yang terdiri dari 36 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa test penguasaan konsep yang terdiri dari 11 soal pilihan ganda beralasan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi tes tulis pretest dan posttest serta observasi pada saat proses pembelajaran. Kemudian data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data kuantitatif meliputi deskripsi statistik uji t-berpasangan N-Gain dan effect size. Sedangkan teknik analisis data kualitatif diantaranya mereduksi data menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan CC siswa dapat memahami materi lebih mendalam yang ditunjukkan dengan terjadinya peningkatan dan perubahan penguasaan konsep siswa dengan N-Gain pada kategori sedang. Peningkatan penguasaan konsep siswa ditunjukkan melalui jawaban pilihan ganda siswa yang awalnya salah menjadi benar. Dan perubahan penguasaan konsep siswa dapat ditunjukkan dari alasan jawaban yang diberikan siswa siswa yang awalnya tidak memahami alasannya menjadi paham alasan dari jawaban soal yang mereka selesaikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59894 |
Actions (login required)
View Item |