Peningkatan penguasaan konsep dengan pembelajaran hukum Newton terintegrasi berbantuan diagram interaksi dalam menyelesaikan masalah / Masdukiyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan penguasaan konsep dengan pembelajaran hukum Newton terintegrasi berbantuan diagram interaksi dalam menyelesaikan masalah / Masdukiyanto

Masdukiyanto (2017) Peningkatan penguasaan konsep dengan pembelajaran hukum Newton terintegrasi berbantuan diagram interaksi dalam menyelesaikan masalah / Masdukiyanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Masdukiyanto. 2017. Peningkatan Penguasaan Konsep Dengan Pembelajaran Hukum Newton Terintegrasi Berbantuan Diagram Interaksi Dalam Menyelesaikan Masalah. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutopo M.Si (II) Dr. Eny Latifah M.Si Kata Kunci penguasaan konsep hukum newton terintegrasi diagram interaksi Salah satu konsep fisika yang harus dikuasai oleh siswa adalah Hukum Newton yang merupakan hukum fundamental dalam mekanika. Namun hasil beberapa penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan menguasai konsep pada materi Hukum Newton. Kesulitan yang masih dialami siswa antara lain mengidentifikasi gaya membuat diagram gaya menentukan pasangan aksi reaksi dan menentukan percepatan benda yang bergerak. Oleh karena itu perlu sebuah pembelajaran yang dapat mengembangkan penguasaan konsep siswa sehingga siswa dapat menggunakannya untuk menyelesaikan masalah. Salah satu pembelajaran yang sesuai yaitu membelajarkan hukum Newton secara integratif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa pada materi hukum Newton dan kemampuan siswa membuat diagram interaksi dan diagram benda bebas dalam menyelesaikan masalah Hukum Newton. Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan embedded experiment model. Intervensi menggunakan pembelajaran Hukum Newton terintegrasi dan latihan terbimbing yang memandu siswa dalam menyelesaikan masalah. Instrumen yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep siswa adalah 14 soal pilihan ganda. Subyek penelitian adalah 32 siswa kelas X SMAN 1 Pamekasan tahun pelajaran 2016/2017. Data kuantitatif berasal dari skor pretest dan posttest yang dianalisis dengan Wilcoxon N-gain dan effect size. Data kualitatif penguasaan konsep yang berasal dari pekerjaan siswa pada saat proses pembelajaran dan hasil wawancara diolah dengan cara reduksi penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dideskripsikan sebagai berikut. 1) Pembelajaran Hukum Newton terintegrasi dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa. Peningkatan penguasaan konsep siswa dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest. Kekuatan peningkatan berdasarkan nilai d-effect size sebesar 2 27 yang termasuk dalam kategori kuat sedangkan nilai rata-rata N-gain yaitu 0 45 dengan kategori sedang. 2) Kemampuan siswa membuat diagram interaksi dan diagram bebas benda pada proses pembelajaran sebanyak 18 siswa pada kategori excellent dan 9 siswa pada kategori missing. Namun diakhir pembelajaran berdasarkan hasil post test pada soal nomor 3 sebanyak 16 siswa pada kategori excellent. Artinya 50 % siswa menjawab dengan benar karena mereka mampu membuat diagram interaksi dengan baik. Salah satu kendala yang dialami siswa dalam membuat diagram interaksi yaitu menggambarkan vektor gaya yang berinteraksi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59892

Actions (login required)

View Item View Item