Program resitasi berbasis multi representasi dan multi konteks untuk meningkatkan pemahaman konsep mekanika newtonan / Muhammad Reyza Arief Taqwa - Repositori Universitas Negeri Malang

Program resitasi berbasis multi representasi dan multi konteks untuk meningkatkan pemahaman konsep mekanika newtonan / Muhammad Reyza Arief Taqwa

Taqwa, Muhammad Reyza Arief (2017) Program resitasi berbasis multi representasi dan multi konteks untuk meningkatkan pemahaman konsep mekanika newtonan / Muhammad Reyza Arief Taqwa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Taqwa M.R.A. 2017. Program Resitasi Berbasis Multi Representasi dan Multi Konteks untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mekanika Newtonan. Tesis Jurusan Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si (II) Dr. Sutopo M.Si. Kata Kunci Program resitasi mekanika Newtonan Mekanika Newtonan merupakan topik dengan cakupan yang luas dan memiliki tingkat kesukaran yang tinggi. Mahasiswa dituntut untuk dapat menguasai konsep secara baik dan dapat menggunakannya dalam memecahkan permasalahan. Oleh karena itu pembelajaran fisika tidak hanya dirancang untuk menyampaikan konsep secara benar namun juga mengupayakan agar mahasiswa dapat menyimpan pengetahuannya secara mendalam dan mengaktivkan pengetahuan yang dimiliki pada saat menemui permasalahan. Hasil penelitian menunjukkan sulitnya mengajarkan konsep secara mendalam hingga mahasiswa mampu memecahkan permasalahan yang dihadapi. Selain itu sempitnya alokasi waktu pembelajaran juga menjadi permasalahan tersendiri dalam menyampaikan konsep mekanika Newtonan yang luas. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan program resitasi yang berisikan soal-soal konseptual beserta balikannya. Program tersebut dimuat dalam program komputer offline agar mahasiswa dapat menggunakannya secara mandiri. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan desain embeded experimental design. Penelitian ini dilakukan pada 22 mahasiswa S1 Fisika dan 24 mahasiswa S1 Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang yang sedang menjalani perkuliahan fisika dasar I. Data kuantitatif yang diperoleh dari opsi jawaban yang dipilih mahasiswa dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif uji beda skor pretes-postes N-Gain dan effect sizeserta uji t satu sampel untuk melihat kelompok mahasiswa yang merasakan kebermanfaatan program. Data kualitatif yang diperoleh dari alasan yang diberikan dalam menjawab soal hasil observasi kesulitan mahasiswa dalam memahami konsep selama pembelajaran loogbook wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor pretes dan postes berbeda secara signifikan pada topik kinematika dari 36 304 menjadi 67 391 (t -12 839 p 0 00) dan pada topik dinamika partikel dari 30 435 menjadi 77 391(t -14 246 p 0 00).Adapun peningkatan penguasaan konsep mahasiswa dilihat dariperolehan N-gainberada pada kategori sedang yakni 0 488 (kinematika) dan 0 596 (dinamika partikel) serta effect size yang sangat kuat yakni sebesar 2 20 (kinematika) dan 2 80 (dinamika partikel). Dari hasil korelasi antara skor pretes dan N-gain menunjukkan bahwa kebermanfaatan program resitasi dapat dirasakan oleh seluruh mahasiswa (pada kinematika p 0 863 dan pada topik dinamika partikel p 0 674). Namun demikian berdasarkan alasan jawaban dan skor postesmasih mengindikasikan ada kesulitan yang dialami yakni pada bahasan kinematika masih sulit memperkirakan arah gerak benda dari hubungan arah a 8407 dan v 8407 yang telah diketahui dan pada bahasan dinamika partikel mahasiswa telah mampu mengidentifikasi dan menentukan arah gaya namun keliru dalam menggunakan tanda /- pada arah a 8407 . ABSTRACT Taqwa M.R.A. 2017. Recitation Program Based on Multi-Representation and Multi-Context to Enhance the Conceptual Understanding of Newtonan Mechanics. Thesis Department of Physics Education Graduate Program of State University of Malang. Counselor (1) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si (II) Dr. Sutopo M.Si. Keywords Recitation program Newtonan mechanics Newtonan mechanics is a topic with a wide range and has a high level of difficulty. Students are required to be able the conceptual understanding and can use it in solving problems. Therefore the study of physics is not only designed to convey the concept correctly but also to make the students can store their knowledge in depth and activate the knowledge they have when encountering problems. The results shown the difficulty of teaching the concept in depth until the students are able to solve the problems encountered. In addition the narrowness of time allocation of learning also becomes a separate problem in conveying the concept of broad Newtonan mechanics. To solve the problem a recitation program is required which contains conceptual questions and its feedbacks. The program is loaded in an offline computer program so students can use it independently. This research uses mixed method with embeded experimental design. This research was conducted on 22 undergraduate students of Physics and 24 undergraduate students of Physics Education of State University of Malang who was undergoing basic physics lecture I. Quantitative data obtained from answer option selected by students were analyzed by using descriptive statistic analysis pretest post test N -Gain and effect size and sample t test to see groups of students who feel the usefulness of the program. Qualitative data obtained from the reasons given in answering the problem the observation results of student difficulties in understanding the concept during learning loogbook interview and questionnaire. The results showed that the pretest and posttest scores differed significantly on the kinematics topic from 36.304 to 67.391 (t -12.839 p 0.00) and on the topic of particle dynamics from 30.435 to 77.391 (p 0.00 ). The improvement of student concept mastery seen from the acquisition of N-gain is in medium category that is 0 488 (kinematics) and 0 596 (particle dynamics) and very strong effect size that is equal to 2 20 (kinematics) and 2 80 (particle dynamics) . From the results of the correlation between the pretest and N-gain scores shows that the usefulness of the recitation program can be felt by all students (on kinematics p 0.863 and on the topic of particle dynamics p 0.674). However on the basis of the answers and posttest scores still indicate that there are difficulties experienced namely in the kinematics discussion is still difficult to estimate the direction of motion objects of the relationship direction a 8407 and v 8407 are known and on the subject of the dynamics of student particles have been able to identify and determine the direction of the force But it is wrong to use the /- sign in the direction of a 8407 .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59891

Actions (login required)

View Item View Item