Prasasti, Ravita Wahyu (2017) Model mental dan penguasaan konsep fluida statis pada pembelajaran inquiry lesson berbantuan thinking maps pada siswa kelas X MIPA SMA Muhammadiyah 1 Malang / Ravita Wahyu Prasasti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prasasti Ravita Wahyu. 2017. Model Mental dan Penguasaan Konsep Fluida Statis Pada Pembelajaran Inquiry Lesson Berbantuan Thinking Maps Pada Kelas Siswa Kelas X MIPA SMA Muhammadiyah I Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (II) Dr. Eny Latifah M.Si. Keywords model mental penguasaan konsep fluida statis inquiry lesson thinking maps. Model mental dan penguasaan konsep merupakan faktor yang saling berkaitan yang dapat mempengaruhi kognitif siswa dalam menyelesaikan masalah fisika. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui keefektifan model mental dan penguasaan setelah dilaksanakan pembelajaran inquiry lesson berbantuan thinking maps. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan penguasaan konsep fluida statis perubahan model mental dalam menyelesaikan permasalahan fluida statis dan penyusunan thinking maps oleh siswa dalam membangun pengetahuannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan embedded experimental model. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah I Malang kelas X MIPA pada bulan Februari 2017. Pengumpulan data menggunakan instrumen soal uraian yang mencakup C1-C4 dengan indikator Bloom. Data penelitian ini adalah hasil sebelum dan sesudah pembelajaran inquiry lesson berbantuan thinking maps. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan rubrik penilaian gambar video pedoman wawancara dan lembar observasi. Untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep dilakukan uji normalitas dan dilanjutkan dengan perhitungan N-gain score dan effect size. Perubahan model mental dianalisis secara deskriptif dimulai dari tahap pengumpulan data tahap reduksi data pengkarakterisasian data dan penarikan kesimpulan menggunakan rubrik yang diadaptasi oleh penelitian Wang yaitu model mental 1 (experience model) model mental 2 (novice model) dan model mental 3 (expert model). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum penguasaan konsep siswa meningkat. Hasil perhitungan effect size yang diperoleh nilai sebesar 3 2 dan angka ini termasuk dalam kategori kuat. Selain itu didukung oleh hasil N-Gain sebesar 0 82 yang artinya dalam kategori kuat. Hasil perubahan model mental dapat dihitung dan meningkat sebesar 35 8%. Peningkatan konsep dan perubahan model mental ini merupakan pengaruh bantuan thinking maps yang diintergrasi pada pembelajaran berbasis penyelidikan (inquiry lesson). Dalam pembuatan thinking maps siswa diberikan kebebasan dalam memilih jenis thinking maps dari 8 jenis yang telah disediakan. Setiap sub materi pokok memiliki karakteristik tersendiri untuk dapat dideskripsikan menggunakan thinking maps yang kemudian dapat digunakan siswa dalam menyelesaikan permasalahan fluida statis dalam bentuk soal uraian.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59890 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |