Profil tulisan narasi siswa kelas V MIn Janti Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo / Aditya Dyah Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil tulisan narasi siswa kelas V MIn Janti Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo / Aditya Dyah Puspitasari

Puspitasari, Aditya Dyah (2015) Profil tulisan narasi siswa kelas V MIn Janti Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo / Aditya Dyah Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspitasari Aditya Dyah. 2015.Profil Tulisan Narasi Siswa Kelas V MIN Janti Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo.Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muchtar S.Pd M.Si (II) Dra. Sudarsini M.Pd. Kata Kunci Profil tulisan narasi MIN Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 tahun 2006 pelajaran Bahasa Indonesia terbagi ke dalam empat keterampilan berbahasa yaitu menyimak berbicara membaca dan menulis. Menulis adalah kegiatan menyampaikan sesuatu menggunakan bahasa melalui tulisan dengan maksud dan pertimbangan tertentu untuk mencapai sesuatu yang dikehendaki (Rahardi 2003 39). Menulis merupakan keterampilan bahasa yang paling sulit dikuasai oleh siswa. Menulis tidak hanya sekedar menulis apa yang siswa bisa tetapi juga latihan menulis secara baik dan benar sesuai dengan kaidah tata bahasa Indonesia.Oleh sebab itu sangat penting mengetahui profil tulisan siswa sejak di Sekolah Dasar karena Sekolah Dasar sebagai jenjang pertama pada tingkat pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mempelajari lebih dalam kesalahan-kesalahan siswa dalam membuat tulisan cerita atau karangan narasi. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi tentang kemampuan siswa dalam membuat karangan cerita narasi sehingga dapat menjadi masukan bagi pengajaran menulis cerita narasi khususnya di MIN Janti Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo. Sehingga nantinya guru dapat menentukan kebijakan kembali dalam mengajarkan menulis karangan narasi sehingga siswa dapat menulis karangan narasi dengan tepat. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif karena bertujuan untuk menggambarkan dan atau mendeskripsikan karakteristik dari fenomena (Ulfatin 2013 21). Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Karena dalam penelitian ini mengetahui profil tulisan narasi siswa jadi penelitian ini akan menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang dijadikan narasumber maupun responden. Pada kenyataannya tulisan narasi siswa masih banyak mengalami kekurangan pada aspek penggunaan tanda baca huruf kapital kata depan Di dan Ke dan hubungan keherensi dan kohesi.Saran bagi guru sebaiknya guru memilih model pembelajaran yang lebih bervariasi lagi misalnya saat mengarang atau membuat karangan bisa dilakukan di luar kelas sehingga siswa tidak merasa bosan. Saran bagi penelitian lain mungkin bisa menggunakan model atau pendekatan untuk meningkatkan hasil karangan siswa karena penelitian ini hanya gambaran mengenai profil tulisan narasi siswa kelas V MIN Janti Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5989

Actions (login required)

View Item View Item