Penguasaan konsep fisika dengan modeling instruction siswa SMA kelas XI pada pokok bahasan fluida dinamis / Mochamad Harun - Repositori Universitas Negeri Malang

Penguasaan konsep fisika dengan modeling instruction siswa SMA kelas XI pada pokok bahasan fluida dinamis / Mochamad Harun

Harun, Mochamad (2017) Penguasaan konsep fisika dengan modeling instruction siswa SMA kelas XI pada pokok bahasan fluida dinamis / Mochamad Harun. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Harun Mochamad. 2017. Penguasaan Konsep Fisika dengan Modeling Instruction Siswa SMA kelas XI pada Pokok Bahasan Fluida Dinamis. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sutopo M.Si (2) Dr. Sentot Kusairi M.Si. Kata kunci penguasaan konsep modeling instruction fluida dinamis Penguasaan konsep fisika merupakan hal penting dalam proses pemecahan masalah. Pemecahan masalah fisika seharusnya melalui tahapan identifikasi konsep dasar membuat representasi masalah yang memiliki makna fisis perhitungan menggunakan rumus dan mengevaluasi solusi. Kenyataannya siswa jarang membuat representasi sebagai model dalam memecahkan persoalan fisika. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penguasaan konsep siswa kelas XI SMAN 16 Surabaya pada pokok bahasan fluida dinamis dan mengetahui pengaruh pembelajaran Modeling Instruction terhadap penguasaan konsep siswa. Penelitian menggunakan pendekatan mixed methods desain embedded experimental model. Subyek penelitian adalah siswa-siswa kelas XI SMAN 16 Surabaya yang terdiri dari 36 siswa. Deskripsi penguasaan konsep siswa pada materi fluida dinamis dalam pembelajaran Modeling Instruction dianalisis dari jawaban siswa saat pretest dan posttest. Data tersebut dianalisis berdasarkan kriteria coding rubrik penguasaan konsep dari Abraham Williamson meliputi kriteria tidak paham miskonsepsi paham sebagian dan paham konsep. Pengaruh pembelajaran Modeling Instruction terhadap penguasaan konsep siswa dianalisis berdasarkan data pretest dan posttest dengan kriteria coding menggunakan indikator kemampuan konsep. Seluruh hasil analisis disajikan dalam bentuk tabel naratif dan dilengkapi dengan gambar. Hasil analisis dikonfirmasi dengan hasil observasi dan wawancara. Pengaruh pembelajaran modeling instruction terhadap penguasaan konsep siswa juga didukung dengan analisis statistik pretest dan posttest yang meliputi uji beda (t-test paired) perhitungan N-Gain dan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa pada materi fluida cenderung lemah saat sebelum menerima perlakuan. Hasil uji t-test paired menunjukkan terdapat perbedaan penguasaan konsep sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil perhitungan N-Gain diperoleh sebesar 0 61 yang menunjukkan peningkatan penguasaan konsep berada pada kategori sedang. Berdasarkan perhitungan effect size diperoleh r score sebesar 0 61. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang diberikan memiliki efektifitas yang tinggi. ABSTRACT Harun Mochamad. 2017. of XI Class on Dynamic Fluid Subject. Thesis. Graduate School Physics Education Study Program Universitas Negeri Malang. Counselor (1) Dr. Sutopo M. Si (2) Dr. Sentot Kusairi M.Si. Keywords concept acquisition modeling instruction dynamic fluid Acquisition of physics concept is important in problem solving process. Physical problem solving should go through the stages of identification of basic concepts making representations of problems that have physical meanings calculations using formulas and evaluating solutions. In fact students rarely make representations as models in solving physics problems. The purpose of this study is to describe the acquisition of the concept of students of class XI SMAN 16 Surabaya on the subject of fluid dynamics and to know the effect of Instruction Modeling learning on acquisition of student concepts. The research used mixed methods approach of embedded experimental model design. The subjects of the study were students of class XI SMAN 16 Surabaya consisting of 36 students. Description of acquisition of student concept on dynamic fluid material in Modeling Instruction learning analyzed from student s answer during pretest and posttest. The data were analyzed based on the criteria of coding of concept acquisition of Abraham Williamson include criteria of not understanding misconception partial understanding and conceptual understanding. Influence of Instruction Modeling learning to acquisition of student concept is analyzed based on pretest and posttest data with coding criterion using indicator of concept capability. All analysis results are presented in tabular narrative and completed with drawings. The results of the analysis were confirmed by observations and interviews. The effect of modeling instruction learning on student concept acquisition is also supported by pretest and posttest statistic analysis which includes t-test paired N-Gain calculation and effect size calculation. The results showed that the acquisition of students concepts on fluid materials tended to be weak before they received treatment. The result of paired t-test shows that there is difference of acquisition of concept before and after treatment. The result of N-Gain calculation is 0.61 which shows the improvement of acquisition of the concept is in the medium category. Based on the calculation of effect size obtained r score of 0.61. This shows that the learning given has a high effectiveness.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59889

Actions (login required)

View Item View Item