Implementasi kurikulum 2013 untuk mata pelajaran fisika di SMK Negeri Kota malang / Abdul Ghoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kurikulum 2013 untuk mata pelajaran fisika di SMK Negeri Kota malang / Abdul Ghoni

Ghoni, Abdul (2017) Implementasi kurikulum 2013 untuk mata pelajaran fisika di SMK Negeri Kota malang / Abdul Ghoni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Abdul Ghoni 2017. Implementasi Kurikulum 2013 untuk Mata Pelajaran Fisika di SMK Negeri Kota Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Markus Diantoro M.Si. (2) Dr. Muhardjito M.S. Kata kunci Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Fisika SMK Negeri Kota Malang. Kurikulum 2013 memberikan ruang bagi guru fisika di SMK untuk melakukan pembelajaran dengan pendekatan ilmiah (saintifik) meliputi 5M yakni mengamati menanya melakukan percobaan menalar dan mengkomunikasikan. Pembelajaran saintifik goal-nya adalah tumbuhkembangnya literasi sains pada siswa dengan cara memfasilitasi siswa bersikap ilmiah memberi ruang yang luas untuk mengembangkan rasa ingin tahu serta dirangsang untuk berani menyampaikan ide kreatif dan konstruktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran fisika di sejumlah SMKN Kota Malang berdasarkan standar proses penilaian dan bidang keahlian. Sasaran penelitian adalah guru fisika kepala sekolah dan siswa kelas X bidang keahlian (1) teknologi rekayasa (2) teknologi informasi komunikasi (3) kesehatan (4) agribisnis agro teknologi (5) perikanan kelautan. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi wawancara dan observasi. Peneliti melakukan teknik triangulasi yaitu membandingkan data hasil studi dokumenter observasi angket dan hasil wawancara selanjutnya dikaji menggunakan referensi tertulis. Secara umum implementasi Kurikulum 2013 dengan mengacu pada standar proses termasuk kategori baik (85%). Beberapa permasalahan antara lain pembelajaran fisika kelas X di SMKN bidang keahlian kemaritiman teknologi dan rekayasa agrobisnis dan agro teknologi kesehatan dan teknologi informasi komunikasi untuk alokasi waktu pembelajaran satu minggu hanya 2 jam pelajaran ( 45 menit) bisa disiasati dengan siswa diberikan tugas mandiri atau pembelajaran online dimana aktivitas PBM tersimpan dalam website yang bisa dipelajari 24 jam nonstop dan tanpa batas ruang kelas. Implementasi Kurikulum 2013 berdasarkan standar penilaian pembelajaran fisika kelas X semester gasal di SMKN Kota Malang termasuk kategori baik (83%). Masih ditemukan guru fisika yang mengajar kelas X bidang keahlian teknologi dan rekayasa agrobisnis dan agro teknologi kesehatan dan teknologi informasi komunikasi belum sepenuhnya melakukan penilaian kompetensi (pengetahuan dan keterampilan) saat proses belajar mengajar. Keterpaduan penilaian pengetahuan dan keterampilan menggambarkan gaya kapasitas dan perolehan belajar siswa (Kunandar 2013). Rerata nilai rapot fisika secara umum kelas X semester I SMKN di Kota Malang untuk nilai pengetahuan 78 15 (baik) sedangkan nilai keterampilan 81 38 (kategori baik).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59888

Actions (login required)

View Item View Item