Pemahaman konseptual peserta didik SMA Negeri 4 Bangkalan melalui program resitasi pada materi gerak harmonik sederhana / Yanuar Arief Faris Ghozali - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemahaman konseptual peserta didik SMA Negeri 4 Bangkalan melalui program resitasi pada materi gerak harmonik sederhana / Yanuar Arief Faris Ghozali

Ghozali, Yanuar Arief Faris (2017) Pemahaman konseptual peserta didik SMA Negeri 4 Bangkalan melalui program resitasi pada materi gerak harmonik sederhana / Yanuar Arief Faris Ghozali. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ghozali YanuarAriefFaris. 2017. PemahamanKonseptualPesertaDidik SMA Negeri 4Bangkalanmelalui Program ResitasipadaMateriGerak HarmonikSederhana. Tesis Program StudiPendidikanFisika Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutopo M.Si (II) Prof. Dr. ArifHidayat MSi. Kata kunci gerakharmoniksederhana pemahamankonseptual program resitasi. Gerak harmonik sederhana adalah salah satu pembelajaran fisika yang memiliki permasalahan konseptual yang cukup sulit karena pada materi gerak harmonik sederhana peserta didik kesulitan memahami konsep gerak harmonik sederhana karena pada materi ini melibatkan gaya dan gerak pada hukum Newton sehingga peserta didik mengalami kesulitan memecahkan permasalahan konseptual yang berkaitan dengan konsep tersebut yang berdampakpadahasilbelajarpesertadidikdengannilai yang kurangmaksimal. Salah satupembelajaran yang dapatmeningkatkanpemahamankonseptualfisikapesertadidikadalahpembelajarandenganberbatuan program resitasi.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanpemahamankonseptualpesertadidikmelaluipembelajarandengan program resitasi. Penelitianiniadalahmixed methoddengandesain embedded experimental model.Penelitianinimenggabungkan data kuantitatifdan data kualitatif agar dapatmenghasilkan data hasilpenelitiansecaralengkap.Subjekpenelitian yang digunakanadalahkelas XI MIA 2 denganjumlah 25 pesertadidik yang heterogen.Data dalampenelitianinidiperolehdarites wawancaradanangketrespon.instrumen yang digunakanadalahtespemahamankonseptual yang berupasoal-soalpilihanganda. Data kuantitatifdianalisisdenganmenggunakanuji-t berpasangan N-gain effect sizesedangkan data kualitatifdianalisismelaluireduksi data pengkodingan data deskripsidaninterpretasi. Berdasarkanhasil data penelitianpretesdanpostesdidapatkanhasilbahwanilai rata-rata pretes 47 2% meningkatpadahasilpostessebesar 80 6%danmengalamipeningkatansignifikandarihasiluji-t yang diperolehnilaisignifikan 0 05.dannilaiN-gainsebesar 0 63 (kategorisedang) daneffect sizesebesar 2 75 (kategorikuat). Hasil data kualitatif 36% darijumlahpesertadidikmengalamikesulitansaatmengerjakanpretesdan 80% darijumlahpesertadidikmenyatakanmemahamidenganbantuan program resitasi.Kesulitan yang dialami peserta didik antara lain (1) mengubah pemahaman verbal (2) menentukan hubungan kecepatan v dan simpangan y (3) menganalisis posisi energi kinetik dan potensial pada fenomena gambar (4) menganalisis kecepatan dan percepatan maksimal pada sistem bandul (5) menentukan besar perbandingan energi potensial (6) menggunakan rumus yang sesuai dan (7) menghitung dengan metode matematis yang benar. ABSTRACT Ghozali YanuarAriefFaris. 2017. Conceptual Understanding Students at Bangkalan Public Senior High School 4 through Resitation Program on Motion Material Simple Harmonics. Thesis Physics Education Program Postgraduate Malang State University.Advisors (I) Dr. Sutopo M.Si (II) Prof. Dr. ArifHidayat MSi. Keywords simple harmonic motion conceptual understanding resitation program. Simple harmonic motion is one of physics learning which has difficult conceptual problem because in simple harmonic matter the learners have difficulty understanding the concept of simple harmonic motion because this material involves the force and motion of Newton s law so that learners have difficulty solving conceptual problems associated with the concept that affects the learning outcomes of learners with a value that is less than the maximum. One of the lessons that can improve the conceptual understanding of the physics of learners is learning with a recitation program. This study aims to determine the improvement of conceptual understanding of learners through learning with recitation program. This research is mixed method with embedded experimental model design. This study combines quantitative data and qualitative data in order to produce complete research data. The research subjects used were class XI MIA 2 with 25 heterogeneous students. The data in this study were obtained from tests interviews and response questionnaires. The instrument used is a conceptual comprehension test in the form of multiple choice questions. Quantitative data were analyzed by paired t-test N-gain effect size while qualitative data were analyzed by data reduction data encoding description and interpretation. Based on pretest and posttest research data it was found that the average pretest value of 47.2% increased on the postes result of 80.6% and experienced significant improvement from t-test result obtained by significant value

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59887

Actions (login required)

View Item View Item