Pengembangan sistem penilaian kognitif dan remediasi berbasis komputer pada materi listrik dinamis untuk siswa SMA/MA / Robbie Nur Rachman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sistem penilaian kognitif dan remediasi berbasis komputer pada materi listrik dinamis untuk siswa SMA/MA / Robbie Nur Rachman

Rachman, Robbie Nur (2017) Pengembangan sistem penilaian kognitif dan remediasi berbasis komputer pada materi listrik dinamis untuk siswa SMA/MA / Robbie Nur Rachman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rachman RobbieNur. 2017. Pengembangan Sistem Penilaian Kognitif dan Remediasi Berbasis Komputer pada Materi Listrik Dinamis Untuk Siswa SMA/MA. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sentot Kusairi S.Pd M.Si (2) Dr.Hari Wisodo S.Pd M.Si Kata Kunci penilaian komputer listrik dinamis Salah satu fungsi penilaian adalah memperbaiki bagian dari pembelajaran yang belum berhasil. Keterbatasanwaktu tatap muka untuk melakukan penilaian terhadap tiap siswa ditengarai menjadi masalah serius yang perlu dipecahkan. Kegiatan tersebut sangat krusial untuk memastikan peningkatan pemahaman dan ketuntasan belajar setiap siswa. Oleh karena itu sistem atau perangkat penilaian dengan menyertakan umpan balik (feedback) yang cepat dan akurat adalah solusi yang tepat bagi permasalahan tersebut. Pengembangan asesmen berbasis komputer degan sajian tes dan materi pelajaran yang interaktif dengan nama LiDi telah berhasil diterapkan pada siswa kelas X MA Nurul Jadid. Alih-alih menggunakan soal-soal pilihan ganda yang telah banyak dikembangkan oleh para peneliti lain LiDi hadir dengan soal-soal isian singkat yang bersifat eksploratif. Tahapan-tahapan penelitian dan pengembangan pada tesis ini merujuk pada metode 4D model (Define Design Develop and Disseminate). Tahap Defineyaitu dengan studi pustaka dan studi lapangan. Tahap Design yaitu dengan merancang dan membuat produk. Tahap Develop yaitu dengan validasi ahli revisi uji coba produk dan revisi. Validasi dilakukan terhadap media dan butir soal. Uji coba produk dilakukan untuk meminta komentar siswa membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan produk dengan yang tidak menggunakan serta membandingkan nilai siswa pada posttest dengan nilai siswa pada produk. Tahap terakhir dari penelitian pengembangan ini yaitu Disseminate dengan menyebarkan produk dengan menggunakan keping CD dan Internet. LiDi merupakan software komputer sebagai alat bantu siswa untuk melakukan penilaian. Penggunaannya bisa untuk komputer pribadi maupun komputer bersama karena dilengkapi penyimpanan data diri dan nilai peserta didik. Keamanan pengguna dijamin dengan adanya password. Pendidik dimudahkan untuk melihat hasil soal-soal yang dikerjakan seluruh peserta didik.Studi kelayakan menunjukkan bahwa LiDi dinilai layak untuk diterapkan sebagai alat asesmen dengan umpan balik yang cepat dan akurat. Skor rata-rata uji kelayakan adalah 3 3 (skala 4) yang termasuk dalam katagori layak.Berdasarkan hasil uji coba kelas hasil belajar yang dinilai menggunakan software dan hasil belajar berdasarkan nilai posttest menunjukkan penilaian yang sama kecuali pada materi penilaian beda potensial listrik yang perlu pengembangan lebih lanjut. Berdasarkan hal tersebut software telah efektif untuk menilai hasil belajar peserta didik. Kelas eksperimen kelas yang menggunakan LiDi menunjukkan hasil belajar yang lebih baik daripada kelas kontrol. Secara keseluruhan LiDi dinilai efektif dalam meningkatkan ketercapaian belajar siswa pada materi listrik dinamis. ABSTRACT Rachman RobbieNur. 2017. Development of a Computer Based Cognitive Assessment and Remediation System on Dynamic Electrical Materials for High School Students. Thesis Physics Education Program Graduate School Universitas Negeri Malang. Counselor (1) Dr. Sentot Kusairi S.Pd M.Si (2) Dr. Hari Wisodo S.Pd M.Si Keywords assessment computer dynamic electricity One of the assessment functions is to improve the part of learning that has not been successful. Limitations of face-to-face time for assessment of each student suspected to be a serious problem that needs to be solved. These activities are crucial to ensure an improvement in students comprehension and mastery. Therefore a rating system or tool that incorporates quick and accurate feedback is the right solution for the problem. The development of computer-based assessment with interactive test and lesson material under the name LiDi has been successfully applied to students of grade X MA Nurul Jadid. Instead of using multiple choice questions that have been developed by other researchers LiDi comes up with explorative stuffing questions. The stages of research and development in this thesis refers to the 4D model (Define Design Develop and Disseminate) methods. Define stage is by library study and field study. Stage Design is by designing and making the product. Developing stage is with expert validation revision product trial and revision. Validation done to media and item. Product trials are conducted to request student comments comparing student learning outcomes using products with those not using as well as comparing student grades on posttest with student grades on products. The last stage of this development research is Disseminate by spreading the product by using CD and Internet. LiDi is a computer software as a tool for students to conduct assessment. The use can be for personal computers and computers together because it is equipped with self-storage data and the value of learners. User security is guaranteed with a password. Educators are facilitated to see the results of the problems that all learners do. Feasibility studies show that LiDi is considered feasible to be applied as an assessment tool with fast and accurate feedback. The average score of the feasibility test is 3.3 (scale 4) which is included in the eligible category. Based on the results of classroom tests learning outcomes assessed using software and learning outcomes based on posttest scores show the same assessment except for the different potential electrical potential assessment materials that need further development. Based on this software has been effective to assess the learning outcomes of learners. The experimental class the class that uses LiDi shows better learning outcomes than the control class. Overall LiDi is considered effective in improving students learning achievement in dynamic electrical materials.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59886

Actions (login required)

View Item View Item