Pengaruh embedded formative assessment pada learning cycle terhadap penguasaan konsep dan penalaran ilmiah siswa pada materi usaha dan energi / Surayatum Muchoyimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh embedded formative assessment pada learning cycle terhadap penguasaan konsep dan penalaran ilmiah siswa pada materi usaha dan energi / Surayatum Muchoyimah

Muchoyimah, Surayatum (2017) Pengaruh embedded formative assessment pada learning cycle terhadap penguasaan konsep dan penalaran ilmiah siswa pada materi usaha dan energi / Surayatum Muchoyimah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muchoyimah Surayatum. 2017. Pengaruh Embedded Formative Assessment pada Learning Cycle terhadap Penguasaan Konsep dan Penalaran Ilmiah Siswa pada Materi Usaha dan Energi Tesis. Jurusan Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr Sentot Kusairi M.Si. (II) Dr Nandang Mufti M.T. Kata Kunci Embedded formative assessment learning cycle penguasaan konsep penalaran ilmiah Penguasaan konsep dan penalaran ilmiah merupakan kemampuan yang perlu dimiliki oleh siswa dalam mempelajari Fisika. Meskipun penting kemampuan tersebut masih rendah sehingga siswa mengalami kesulitan dalam belajar Fisika terutama pada materi usaha dan energi. Salah satu pembelajaran yang diprediksi dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa dan penalaran ilmiah siswa adalah embedded formative assessment pada learning cycle. Pembelajaran ini diprediksi mampu meningkatkan penguasaan konsep dan penalaran ilmiah siswa karena adanya penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran. Dengan demikian dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara penguasaan konsep dan penalaran ilmiah pada kelas yang menggunakan embedded formative assessment pada learning cycle dibandingkan dengan kelas yang hanya menggunakan learning cycle dan mengetahui kesulitan penguasaan konsep siswa setelah pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Penelitian dilakukan pada 60 siswa kelas X MIA yang merupakan siswa di SMA Negeri 1 Lawang dan ditentukan sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol menggunakan learning cycle dan kelas eksperimen yang menggunakan embedded formative assessment pada learning cycle. Penguasaan konsep siswa diukur menggunakan instrumen yang berupa tes pilihan ganda dengan jumlah soal 20 meliputi C2-C5 dengan reliabilitas sebesar 0 613. Instrumen tes penalaran ilmiah berupa tes pilihan ganda beralasan two tiers sebanyak 13 soal dengan reliabilitas sebesar 0 5. Hasil tes dianalisis untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep dan penalaran ilmiah siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep dan penalaran ilmiah siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata penguasaan konsep kelas eksperimen sebesar 60 67 dan lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang sebesar 50 5. Skor penalaran ilmiah kelas eksperimen juga lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Skor penalaran ilmiah kelas eksperimen sebesar 6 67 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 5 67 dengan skor maksimal 13. Kesulitan siswa dalam penguasaan konsep antara lain menganalisis usaha yang dilakukan oleh beberapa gaya merumuskan usaha dan energi kinetik dan menjelaskan prinsip hukum kekekalan energi mekanik. Meskipun terdapat perbedaan nilai penalaran ilmiah siswa tingkat penalaran kedua kelas sama yaitu pada tingkat transisi awal. Untuk itu penggunaan web based assessment perlu diterapkan agar siswa mendapat feedback yang lebih cepat. ABSTRACT Muchoyimah Surayatum. 2017. The Effect of Embedded Formative Assessment in Learning Cycle to Conceptual Understanding and Scientific Reasoning on Work and Energy Content. Thesis Department of Physics Education Postgraduate Program State University of Malang. Advisors (I) Dr Sentot Kusairi M.Si. (II) Dr Nandang Mufti M.T. Keywords Embedded formative assessment learning cycle conceptual understanding scientific reasoning. Conceptual understanding and scientific reasoning are skills that students need to have in studying physics. Although they are important the skills still low so that students have difficulty in learning physics especially on work and energy. One of the predicted learning can improve conceptual understanding and scientific reasoning is embedded formative assessment in learning cycle. This learning is predicted to increase their skill because of the assessment done during the learning process. Thus the research aimed to find out the difference between conceptual understanding and scientific reasoning in the class which using embedded formative assessment on learning cycle compared with the class which only use learning cycle and know the difficulty of conceptual understanding students after learning This study used quasi experimental design with pretest-postest control group design. The study was conducted on 60 students of class X MIA that students at SMA Negeri 1 Lawang and determined as control class and experiment class. Control class used learning cycles and experimental class used embedded formative assessment in the learning cycle. Conceptual understanding was measured using multiple choice test with 20 questionnaires including C2-C5 with reliability of 0.613. The instrument of scientific reasoning test is two tiers multiple choice with 13 questions and reliability 0.5. The test results were analyzed to determine the difference between conceptual understanding and scientific reasoning of experimental and control class. The results showed that there are differences in conceptual understanding and scientific reasoning of experimental and control class. The average value of conceptual understanding of experimental class is 60.67 is better than the control class which is 50.5. Scores of scientific reasoning of experimental class are also higher than control class. Score scientific reasoning of experimental class is 6.67 while control class is 5.67 with maximum score is 13. Difficulties students in the conceptual understanding include analyze work by several forces formulate work and kinetic energy and explain the principles of conservation mechanical law energy. Although there is a difference in score of students scientific reasoning they have same level as the initial transition level. Therefore the use of web-based assessment needs to be applied so that students get faster feedback.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59884

Actions (login required)

View Item View Item