Sutarja, Maria Chandra (2017) Penguasaan konsep dan kemampuan membuat penjelasan ilmiah siswa pada topik fluida statis melalui pembelajaran pemodelan / Maria Chandra Sutarja. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sutarja Maria Chandra. 2017. Penguasaan Konsep dan Kemampuan Membuat Penjelasan Ilmiah Siswa pada Topik Fluida Statis melalui Pembelajaran Pemodelan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutopo M.Si. (II) Dr. Eny Latifah M.Si. Kata Kunci fluida statis penguasaan konsep pembelajaran pemodelan penjelasan ilmiah Penguasaan konsep dan kemampuan membuat penjelasan ilmiah merupakan dua hal yang penting untuk dicapai oleh siswa. Hal ini karena siswa dianggap menguasai konsep dengan baik ketika mampu membuat penjelasan ilmiah dengan baik. Latihan pembuatan penjelasan ilmiah pun dianggap dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa. Seringkali siswa menggunakan konsep tidak tepat untuk menjelaskan fenomena terkait fluida statis. Adanya fokus penelitian pada penguasaan konsep dan kemampuan siswa membuat penjelasan ilmiah pada topik fluida statis diharapkan dapat membantu siswa untuk mampu menggunakan konsep yang tepat ketika menjelaskan fenomena-fenomena terkait fluida statis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran pemodelan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa kemampuan siswa membuat penjelasan ilmiah setelah melalui pembelajaran pemodelan serta keterkaitan antara penguasaan konsep dan kemampuan siswa membuat penjelasan ilmiah. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 dengan menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain embedded experimental model untuk menggali secara lengkap subjek penelitian. Subjek penelitian terdiri dari 55 siswa pada dua kelas XI IPA SMA Negeri 1 Paciran satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu lainnya sebagi kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa soal tes yang terdiri atas 13 soal uraian singkat dengan penjelasan. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai penguasaan konsep siswa meningkat dari rata-rata 8.83 menjadi 66.67 (p 0.000) dan N-gain sebesar 0 63 (kategori sedang yang tinggi). Kesulitan yang masih dialami siswa berupa penentuan besar gaya apung yang dialami benda dengan kejadian pengapungan berbeda. Kemampuan siswa membuat penjelasan ilmiah meningkat dari rata-rata 24.12 menjadi 64.01 (p 0.000) dan N-gain sebesar 0.52 (kategori sedang yang tinggi). Terdapat keterkaitan antara penguasaan konsep dan kemampuan siswa membuat penjelasan ilmiah setelah intervensi (p 0.000) tetapi tidak terdapat keterkaitan antara keduanya sebelum intervensi (p 0.205). ABSTRACT Sutarja Maria Chandra. 2017. Students Conceptual Acquisition and Ability to Construct Scientific explanation on static fluid by Modeling Instruction. Universitas Negeri Malang. Advisor (I) Dr. Sutopo M.Si. (II) Dr. Eny Latifah M.Si. Kata Kunci static fluid conceptual acquisition modeling instruction scientific explanatio Conceptual acquisition and ability to construct scientific explanation were both important to be reached by students. The students would have gained concept acquisition when they were able to construct scientific explanation properly. Exercise of scientific explanation construction was also able to support students conceptual acquisition. Students usually constructed the fluid static phenomenon explanation with unappropriated concept. The research focused on conceptual acquisition and ability to construct scientific explanation was hoped to help students to be able to construct fluid static phenomenon explanation with the appropriate concepts. The research aimed to find the effectiveness of modeling instruction on increasing students conceptual acquisition students constructed scientific explanation after treated by modeling instruction and correlation between both (conceptual acquisition and scientific explanation construction ability). The research conducted on 2nd semester in 2016/2017 in embedded experimental model design mixed method approach to find the problem question on subject properly. The research subjects are 55 on two of XIth grade students on SMA Negeri 1 Paciran one class as experiment group and other as control group. The instrument consisted 13 closed-ended questions with explanation was used as research instrument. The result of the research shown that students conceptual acquisition was increased from 8.83 means become 66.67 means (p 0.000) and N-gain 0.63 (on upper-medium category). The students difficulty remained on determining buoyant force on different buoyancy phenomenon (when the objects floated or submerged). Students ability to construct scientific explanation was increased from 24.12 means become 64.01 means (p 0.000) and N-gain 0.52 on upper-medium category. There was the correlation between both after intervention (p 0.000) but there wasn t before the intervention (p 0.205)
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59883 |
Actions (login required)
View Item |