Analisis kreativitas siswa pada pembelajaran fisika berbasis proyek melalui pembuatan alat musik sederhana pada materi gelombang bunyi / Ismail Harianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kreativitas siswa pada pembelajaran fisika berbasis proyek melalui pembuatan alat musik sederhana pada materi gelombang bunyi / Ismail Harianto

Harianto, Ismail (2017) Analisis kreativitas siswa pada pembelajaran fisika berbasis proyek melalui pembuatan alat musik sederhana pada materi gelombang bunyi / Ismail Harianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Harianto Ismail. 2017. Analisis Kreativitas Siswa SMA pada Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek melalui Pembuatan Alat Musik Sederhana pada Materi Gelombang Bunyi. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si (2) Dr. Supriyono Koes H. M.Pd. MA. Kata Kunci kreativitas pembelajaran berbasis proyek Kreativitas merupakan salah satu keterampilan Abad 21 yang penting untuk dikembangkan pada pembelajaran di kelas. Pembelajaran fisika berbasis proyek merupakan strategi yang dapat digunakan dalam mengembangkan kreativitas. Namun umumnya pengembangan kreativitas masih terpusat hanya pada salah satu aspek kreativitas saja. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produk kreatif yang dihasilkan siswa pada pembelajaran fisika berbasis proyek melalui pembuatan alat musik dan mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa serta mendeskripsikan proses kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method desain explanatory sequential dengan varian the participant selection model. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA-1 SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar keterlaksanaan pembelajaran lembar penilaian produk kreatif tes keterampilan berpikir kreatif dan pedoman wawancara proses kreatif. Data kuantitatif penilaian produk dan keterampilan berpikir kreatif dianalisis secara kuantitatif. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data keterampilan berpikir kreatif berasal dari distribusi tidak normal sehingga uji signifikansi perbedaan hasil pretest dan posttest menggunakan uji non parametrik Wilcoxon Signed Rank Test disertai perhitungan effect size dan perhitungan skor N-Gain untuk mengetahui besar peningkatannya. Selanjutnya hasil analisis kuantitatif ditindaklanjuti oleh data kualitatif wawancara siswa dan dianalisis secara kualitatif untuk mendeskripsikan proses kreatif siswa. Dari hasil penelitian diperoleh 8 produk alat musik dimana produk xylophone bambu 2 mendapat skor tertinggi sedangkan gitar kaleng biskuit 2 mendapat skor terendah. Diperoleh pada n 27 nilai T 0 961 0 05 dan r -0 88. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest dimana pembelajaran berbasis proyek melalui pembuatan alat musik berpengaruh besar terhadap perbedaan tersebut. Diperoleh skor N-gain sebesar 0 41 termasuk peningkatan kategori sedang. Terdapat 8 siswa memiliki peningkatan kategori rendah 14 siswa memiliki peningkatan kategori sedang dan 5 siswa memiliki peningkatan kategori tinggi. Produk dengan skor kreatif tertinggi dihasilkan dari proses kreatif yang lebih baik mencakup tahap persiapan inkubasi iluminasi dan verifikasi dibanding dengan produk yang memiliki skor kreatif terendah. Sedangkan siswa dengan keterampilan berpikir kreatif tinggi cenderung lebih memahami konsep-konsep terkait serta terlibat secara aktif dalam perumusan ide dibanding siswa dengan keterampilan berpikir kreatif rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59882

Actions (login required)

View Item View Item